RIBKA TJIPTANING BERIKAN SOSIALISASI GENRE CERIA KEPADA RATUSAN PELAJAR SUKABUMI

SUKABUMI – GemilangNews.Com

Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Cibadak sangat antusias ikuti kegiatan Sosialisasi Genre Ceria Tahun 2016 BKKBN Generasi Berencana dengan tema ” Katakan Tidak !!! Pada Nikah Dini,Seks Pranikah dan NAPZA bertempat di lapangan Basket SMAN 1 Cibadak,Jln.Raya Perintis Kemerdekaan,Cibadak,Sukabumi,Jawa Barat,Rabu ( 26 / 10 ).

Berdasarkan informasi yang dihimpun GemilangNews.Com,turut serta hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya,
Anggota DPR RI Komisi IX,Dr.Ribka Tjiptaning P.AAK,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi,M.Jaenudin.Kepala SMA Negeri 1 Cibadak,Drs.Dedi Sofyan M.Mpd,Camat Cibadak,Perwakilan Drs.BKKBN Provinsi Jawa Barat,Ida,Kepala UPTD BKKBD Kabupaten Sukabumi,David,Muspika Kecamatan Cibadak dan puluhan tamu undangan,yang diisi dengan pentas tari dari siswi SMA Negeri 1 Cibadak yang pernah menjadi juara Provinsi Jawa Barat.

Drs.H.Dedi Sofyan M.Mpd,Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cibadak. Dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya mengucapkan selamat datang dan sangat berterimakasih atas kunjungan dari ibu Dr.Ribka Tjiptaning,Anggota DPR RI Komisi IX kesekolah kami.

” Kunjungan dari ibu sebagai anggota DPR RI ini merupakan
suatu kebanggaan bagi kami semua dan dirinya berharap kepada seluruh siswa – siswinya agar benar – benar mendengarkan apa yang sudah disampaikan oleh semua Narasumber,dan menunjukan kepada seluruh tamu undangan bahwa
kita semua adalah siswa – siswa yang berbudaya,yang siap menyongsong masa depan dan siap memimpin Indonesia kedepan,” Ujarnya.

Masih kata Dedi,Acara sosialisasi yang memiliki tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya merencanakan masa depan kepada para siswa – siswinya berpesan.

“apabila kalian semua ingin betul-betul apa yang menjadi cita-cita kalian bisa terwujud dengan baik,untuk itu dirinya berharap pada hari ini mari kita ikuti, kita dengarkan bersama secara seksama pemaparan informasi dan pengalaman dari para narasumber, sehingga apa yang menjadi cita-cita pemerintah yang dituangkan di dalam UUD 45 khususnya alenia ke-4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa benar-benar terwujud dengan baik,” Tuturnya.

Anggota DPR RI Komisi IX,Dr.Ribka Tjiptaning P.AAK,Kepada GemilangNews.Com mengatakan bahwa Program kegiatan sosialisasi GENRE CERIA BKKBN yang diadakan di SMA Negeri 1 Cibadak kali ini merupakan program dari BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) yang bertujuan untuk menyiapkan kehidupan yang lebih baik bagi remaja.

” GenRe merupakan kepanjangan dari Generasi Berencana. GenRe adalah program untuk remaja agar bisa menyiapkan kehidupan keluarganya kelak sehingga mampu melaksanakan pendidikan, karir dan pernikahan terencana,” Ungkapnya.

Masih kata Dr.Ribka Tjiptaning,ada Tiga hal yang merupakan tujuan utama dari program GenRe, yang pertama adalah promosi penundaan dan usia kawin, utamakan sekolah dan berkarya, yang kedua penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya atau PIKR, dan yang ketiga adalah promosi perencanaan kehidupan.
 

“Kalau tidak dimulai dari sekarang kita memberikan informasi keterampilan dan perencanaan kepada generasi mendatang yang akan diisi oleh para remaja hari ini,dirinya khawatir generasi mendatang akan lebih banyak lagi hal – hal yang tidak diinginkan seperti kasus pernikahan dini,dan itu malah akan menjadi pekerjaan rumah yang sangat rumit bagi pemerintah.”Jelasnya.

Kegiatan Sosialisasi Genre di SMA Negeri 1 Cibadak sangat disambut positif,seperti yang dikemukakan oleh seorang siswi,Dika Youlanda dari kelas XII MIPA 1 yang mengatakan bahwa “Acara seperti ini seharusnya direspon positif oleh sekolah kedepannya yaitu dengan tetap menyajikan materi-materi perencanaan berkeluarga di dalam pembelajaran di sekolah, dan acara sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi siswa SMA Negeri 1 Cibadak, Soalnya dalam acara itu mengandung materi-materi yang bisa diterima dan dipelajari serta menambah wawasan siswa,dirinya senang sekali bisa bertemu langsung dengan anggota DPR RI,dan dirinya sangat termotivasi dengan kisah hidup beliau yang selalu menekankan bahwa hidup itu harus terus berjuang dan pantang menyerah karena tidak ada manusia yang gagal,tergantung diri kita sendiri mau berubah untuk maju dan sukses atau tidak ” Pungkasnya. 

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI