DANDIM 0622,BUPATI SUKABUMI, BESERTA DE’CUCUMUL SUKABUMI FISHING COMMUNITY, LEPAS LIARKAN RIBUAN IKAN SIDAT DI KALI CITARIK

SUKABUMI – GemilangNews.Com

Bupati Sukabumi,Dandim 0622 bersama De Cucumul Sukabumi Fishing Comunity lakukan kegiatan Tebar Benih Ikan Langka,Introduksi dan Tanam Pohon di Sungai dengan tema ” SUKABUMI LESTARI ” Masyarakat Sejahtera,Lingkungan Terjaga,yang bertempat di kali Citarik,Desa Cijambe,Kecamatan Cikidang,Sukabumi,Jawa Barat,Sabtu ( 10/ 9 ).

Hadir dalam kesempatan tersebut,Bupati Kabupaten Sukabumi,Drs.H.Marwan Hamami,MM,DANDIM 0622 LetKol ( Kav ) Guruh Prabowo,Camat Cikidang,Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sukabumi,Heru Herlambang,Kapolsek Cikidang,anggota De Cucumul Sukabumi Fishing Comunity, beserta puluhan pelajar dikecamatan cikidang.

Berdasarkan pantauan GemilangNews.Com,ribuan Ikan yang dilepas dikali citarik ini diantaranya ikan jenis Beureum Panon,ikan Nilem,ikan Sidat,dan Ikan nila yang dilepas ke kali citarik,desa cijambe,kecamatan Cikidang.

Subtomy subas.M.Si, Kabid PSDKP dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari  kegiatan pelepas liaran ikan sidat ini adalah agar populasi ikan sidat di Indonesia tidak punah,  salah satunya di wilayah kabupaten sukabumi disepanjang sungai citarik ini diharapkan ikan sidat bisa  tetap berkembang biak,Ujarnya.

Karena akhir-akhir ini memang sedang gencar-gencarnya melakukan rehabilitasi lingkungan,dan juga fauna yang ada di sekitar. “Dengan pelepas liaran ikan sidat di sungai-sungai di sukabumi secara tidak langsung turut andil dalam menjaga keanekaragaman hayati di kabupaten sukabumi dan sekitarnya selain itu, lanjutnya, upaya yang dilakukan oleh kita semua hari ini tentunya membutuhkan dukungan kearifan lokal untuk bagaimana menjaga lingkungan dengan menghasilkan nilai ekonomi tanpa menghancurkan lingkungan. “Mimpi besar kita kedepan ini menjadi daerah sentra ecotourism yang banyak dikenal masyarakat luas,” harapnya.

Bupati Sukabumi,Drs.H.Marwan Hamami.MM kepada GemilangNews.Com mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresi bentuk kepedulian dari Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi bersama De Cucumul Sukabumi Fishing Community yang selalu melakukan penanaman – penanaman benih ikan disemua sungai yang ada dikabupaten sukabumi,Tuturnya.

Masih kata Bupati,dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten sukabumi,agar ikut melestarikan dan menjaga kebersihan sungai,yaitu dengan cara tidak membuang sampah kesungai,juga setiap limbah rumah tangga juga tidak langsung dialirkan kesungai,akan tetapi melalui tahapan – tahapan pembersihan,seperti melalui safety tang,dan juga agar tidak melakukan pengambilan ikan disungai dengan cara disetrum,atau dengan cara diracun,akan tetapi harus dengan cara dipancing,agar kelestarian ikan disungai tetap terjaga,Jelasnya.

Hal senada diungkapkan Dandim 0622,Letkol Kav.Guruh Prabowo,mengatakan bahwa pelepasan ikan sidat dan penanaman pohon disepanjang bantaran kali yang ada dikabupaten sukabumi memang sangat diperlukan,hal itu dikarenakan selain ikut melestarikan jenis ikan langka seperti ikan sidat,populasi ikan ini sudah sangat langka dan hampir punah untuk itu kami berharap kepada masyarakat kabupaten sukabumi untuk ikut menjaga dan melestarikan ikan ini agar tetap lestari guna anak cucu kita dan generasi yang akan datang,Pungkasnya.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2016/09/10/dandim-0622bupati-sukabumi-beserta-decucumul-sukabumi-fishing-community-lepas-liarkan-ribuan-ikan-sidat-di-kali-citarik/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2016/09/10/dandim-0622bupati-sukabumi-beserta-decucumul-sukabumi-fishing-community-lepas-liarkan-ribuan-ikan-sidat-di-kali-citarik/ […]

JELAJAHI