Paket Kebijakan Ekonomi Pemerintah Tidak Puaskan Pelaku Usaha

JAKARTA – GemilangNews.Com, Rapat paripurna Satuan tugas (Satgas), yang dilaksanakan pada hari Selasa, (02/08), di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dihadiri empat kelompok kerja (Pokja) dalam rangka percepatan dan efektivitas pelaksanaan kebijakan ekonomi telah usai dilaksanakan.

Hasil survei yang telah dilakukan pada dunia usaha pada rapat paripurna dalam rangka mewujudkan percepatan dan efektifitas akan disampaikan oleh Pokja III sesaat setelah rapat paripurna telah selesai di laksanakan, Pokja III menangkap adanya ketidakyakinan dunia usaha dan ketidak puasan dunia usaha terhadap dua belas paket kebijakan ekonomi yang telah dirilis oleh pemerintah.

“Ya kita akan terus evaluasi dan mencoba memperbaiki kekurang-kekurangan yang ada di dalam paket kebijakan tersebut. Dunia usaha belum yakin dan belum puas betul, itu yang ditangkap oleh Pokja kita. Untuk itu perlu dikumpulkan (tiap-tiap Pokja), supaya ada perbiakan apa-apa yang belum jalan,” ucap Ketua Pokja III Raden Pardede.

Raden yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kebijakan Moneter, Fiskal dan Publik mencontohkan, salah satu kebijakan yang tidak membuat puas dunia usaha yaitu perizinan investasi di BKPM.

Proses perizinan di pusat itu sudah baik, tapi implementasi di lapangan khususnya di daerahnya belum, hasilnya kan investor memulai proses dari nol lagi. Pasalnya, setiap investasi kan banyak langsung didaerah.

“Nah ini salah satu sinkronisasi pusat dan daerah dalam hal perizinan di BKPM belum baik,” terangnya.

Sementara itu, Raden menambahkan, untuk mempertajam apa saja yang membuat dunia usaha tidak merasa puas akan dua belas paket, Pokja III akan kembali mengumpulkan para responden untuk menjelaskan apa saja masalahnya.

“Kita kan ingin melihat efektifitasnya, jadi di mana masalahnya kita perlu tahu. Ini akan lebih tajam. Nah setelah itu baru kita beri masukan pada para menteri, supaya dua paket itu ada penajaman dan efektivitasnya semakin baik,” ujarnya.

Menurut Raden, bila dunia usaha sudah menyatakan keyakinannya, maka efektivitas dua belas paket kebijakan sudah jelas akan berjalan baik.

Reporter : Toole

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you can find 95306 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2016/08/02/paket-kebijakan-ekonomi-pemerintah-tidak-puaskan-pelaku-usaha/ […]

JELAJAHI