Kapolri Larangan Polisi Main “Pokemon Go”

JAKARTA – GemilangNews.Com, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melarang seluruh anggotanya bermain game berbasis Augmented Reality Pokemon Go. Larangan tersebut berlaku untuk seluruh polisi yang sedang dalam tugas.

Larangan resmi itu tertuang dalam surat telegram rahasia Kapolri nomor STR/533/VII/2016 tertanggal Selasa (19/7/2016).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal (Pol) Agus Rianto mengatakan penerbitan surat itu. “Iya, karena akan mengganggu tugasnya jadi tidak fokus,” ujar kata Agus, Rabu, (20/7/2016 ).

Dalam surat telegram tersebut, game Pokemon Go dianggap memiliki sejumlah dampak negatif. Selain kurangnya fokus kerja karena terus menatap layar handphone, permainan ini dianggap berbahaya karena pemain diharuskan mengaktifkan geolokasi.

“Lokasi permainan berada di lingkungan fasilitas atau markas komando Polri akan terekam. Dan apabila informasi itu jatuh ke orang yang tidak bertanggungjawab, maka dapat disalahgunakan,” bunyi surat telegram tersebut.

Selain itu, permainan ini dianggap bisa memicu keributan sesama teman atau pemain gara-gara berebut bonus atau karakter Pokemon.

Dan sangat mungkin ada pemain yang tersinggung, kemudian menyerang lewat dunia maya dan membuat orang tersebut melaporkannya dengan Undang-undang ITE.

Tak hanya berlaku kepada anggota polisi, para tamu yang berada di lingkungan markas Polri pun dilarang bermain Pokemon Go lantaran keharusan mengaktifkan GPS itu.

Para anggota polisi diminta mengingatkan para tamu tersebut. Surat telegram ini bersifat arahan, bukan perintah. Dengan demikian, tak ada sanksi yang menjerat jika anggota polisi tidak melaksanakannya.

“Tidak ada sanksi kecuali anggota sampai mengabaikan, melalaikan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri, baru ada sanksi,” terang Agus.

Reporter : Toole

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2016/07/20/kapolri-larangan-polisi-main-pokemon-go/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!