5 Data dan Fakta Sejarah MotoGP Jerman

Sachsenring – Seri MotoGP berlanjut ke Grand Prix Jerman, (17/7/2016) mendatang. Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa paling sering tampil sebagai juara di sirkuit Sachsenring. The Little Spaniard meraih 4 kemenangan sepanjang karier. Sedangkan, pole-position terbanyak masih atas nama Casey Stoner, sebanyak 4 kali.

Jelang balapan di Jerman, berikut data dan fakta MotoGP sebagaimana dilansir Sport. Salah satu yang menarik adalah, GP Jerman pertama kali berlangsung di Jerman Barat. Balapan digelar di sirkuit Solitude pada 1952. Ratusan ribu penonton berbondong-bondong datang ke sirkuit. Jumlah penonton ketika itu diperkiran mencapai 400 ribu orang.

Ketika masih terpisah, Jerman dan Timur menggelar balap motor Grand Prix masing-masing. GP Jerman Barat dimulai 1952 hingga 1990. Setelah Jerman bersatu, balap motor Grand Prix pindah ke sirkuit permanen Sachsenring mulai 1998 yang terletak di kota Hohenstein-Ernstthal,  Jerman bagian Timur.

Berikut data dan fakta seputar MotoGP Jerman lainnya:

1. Balap motor grand prix di Jerman dimulai pada 1952. Pembalap asal Irlandia, Reg Armstrong tampil sebagai pemenang di dua kelas bergengsi 350cc dan 500cc. Sedangkan, Rudi Felgenheier menyentuh di urutan pertama di kelas 250cc dan Werner Haas di kelas 125cc.

2. Grand Prix MotoGP  di Jerman Timur pertama kali digelar pada 1972. Jalan raya di Sachsenring disulap menjadi arena balap. Setelah itu, sirkuit jalan raya terlalu berbahaya untuk balap roda dua.

3. GP Jerman Barat terus berlangsung sejak 1952 hingga 1990. Selama rentang tersebut, total empat sirkuit telah digunakan menjadi venue lomba yaitu di sirkuit Solitude, Schotten, Nurburgring, Hockenheim, dan sekarang Sachsenring.

4. Jerman rutin digelar setiap tahun setelah Jerman bersatu–mulai dari 1991 hingga 1994, selama tiga tahun balapan digelar di sirkuit Hockenheim.  Tiga tahun kemudian, balapan MotoGP pindah ke Nurburgring dan sejak tahun 1998 sampai sekarang, lomba berlangsung di sirkuit Sachsenring.

5. Sachsenring sebelumnya memiliki panjang 3,508km dengan satu sektor yang pendek dari trek dari sirkuit jalanan yang lama. Modifikasi dan renovasi besar dilakukan di sirkuit ini pada 2001 dan mengalami sedikit perubahan pada 2003. Lintasan sirkuit bertambah panjang menjadi 3,671 km. (Red)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI