Demi Penguatan Nilai – Nilai Pancasila,Korps Resimen Mahasiswa Gelar Kegiatan Diskusi Publik

SUKABUMI – GemilangNews.Com

Korps Resimen Mahasiswa Sukabumi Satuan Kampus STT Nusa Putra,Menggelar Acara Diskusi Publik yang bertemakan tentang ” Menjaga Eksistensi Bangsa Melalui Penguatan Nilai Nilai Pancasila” di Aula kampus STT Nusa Putra,Jln.Raya Cibolang,Kecamatan Cisaat,Sukabumi,Jawa Barat ( 24 / 6 ) kemarin.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun GemilangNews.Com Kegiatan tersebut dilaksanakan berkat kerja sama Resimen Mahasiswa (menwa) Satuan STT Nusa putra dengan Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) STT Nusa Putra Sukabumi yang disponsori oleh Korps Menwa Sukabumi dan yang bertindak sebagai Pembicara. Dalam Diskusi Publik kali ini adalah Ketua MUI kab. Sukabumi, Drs. KH.A. Komarudin, M.Ag, dan Dr. Asep Deni, MM., CQM., CBA. Dosen pasca sarjana di  Attahiriyyah Jakarta.

Turut hadir dalam kegiatan Seminar dan Diskusi Publik kali ini diantaranya,Kepala Dinas Pendidikan  kabupaten Sukabumi,Drs.H.Maman Abdurrahman, Wakil Ketua DPRD kabupaten Sukabumi, H.Yusuf Maulana ,Perwakilan BNN, Kodim 0607/kota sukabumi, Polres Kota sukabumi dan Polres  kabupaten Sukabumi,Ormas, OKP,Pelajar dan mahasiswa, politisi periset, anggota menwa dan puluhan tamu undangan. IMG-20160625-WA0002

Ketua Panitia Diskusi Publik  Gia Yosep Gunawan kepada GemilangNews.Com mengatakan bahwa Ini adalah bentuk kepedulian Resimen Mahasiswa terhadap upaya untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, terutama dalam hal ini adalah melalui penguatan nilai – nilai Pancasila untuk terjaganya eksistensi bangsa,dan dirinya berharap melalui Forum Diskusi Publik ini diharapkan masyarakat terutama generasi mudanya bisa bersatu padu, bahu membahu untuk bekerjasama dalam menjaga eksistensi bangsa melalui penguatan nilai nilai pancasila, ujarnya.

Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, Drs. KH.A. Komarudin, M.Ag,dalam pemaparan materi diskusi publik kali ini menyoroti tentang sejarah penyusunan Pancasila yang melibatkan tokoh – tokoh  yang mumpuni keilmuan dan keshalihannya,dikarenakan Pancasila digali dari nilai nilai luhur bangsa Indonesia,Pancasila sejalan dengan ajaran agama karena memang sila sila pencasila diambil dari nash nash kitabullah. Jadi pancasila memang harus dipelihara sebagai pengikat persatuan dan kesatuan bangsa,tuturnya.

Hal senada diungkapkan, Dr. Asep Deni, MM., CQM., CBA yang mengangkat tema tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka. Yaitu ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal,dan tantangan Pancasila yaitu krisis ideologi, demokratisasi, kesenjangan, kerusakan & krisis moral, supremasi hukum & HAM serta Kesadaran bela negara,jelasnya.

Masih kata Asep Deni,Diskursus marxisme yg merupakan cikal bakal komunisme belakangan ini marak terjadi di ranah kampus,hal ini diduga menjadi salah satu faktor berkembangnya ideologi komunis di indonesia. Hal tersebut menjadi kekhawatiran kita bersama karena dapat mempengaruhi kontruksi berfikir mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Di sisi lain , kajian nilai nilai pancasila sebagai ideologi dan identitas bangsa, tidak begitu massif dikaji di kalangan mahasiswa sehingga muncul kontruksi berfikir yang tidak seimbang dalam memahami pancasila sebagai ilmu pengetahuan yang justru pemahaman pancasila dapat merangsang kecintaan terhadap NKRI. IMG-20160625-WA0001

Untuk itu pentingnya pemahaman nilai nilai Pancasila diberikan secara massif melalui diskusi – diskusi yang konstruktif diharapkan dapat memberi pengetahuan mahasiswa untuk dapat memahami dan mengamalkan nilai nilai pancasila secara substantif dalam kehidupan sehari hari. dalam rangka menstimulus nilai – nilai pancasila melalui pemuka opini dan forum diskusi publik ini diharapkan pemahaman substansi nilai nilai tersebut tidak hanya difahami bagi peserta diskusi tapi juga dapat memberikan stimulus yang lebih besar yang berdampak  terhadap masyarakat luas,pungkasnya.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you can find 37803 additional Information to that Topic: gemilangnews.com/2016/06/25/demi-penguatan-nilai-nilai-pancasilakorps-resimen-mahasiswa-gelar-kegiatan-diskusi-publik/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!