Kegiatan Ramadhan Di Lapas Bogor

BOGOR-GemilangNews.Com

Kegiatan Ramadhan yang dijalani para tahanan di Lapas Kelas IIA Bogor tidak banyak berbeda dengan yang di luar. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Kasie Binadik Lapas Kelas IIA Bogor, Iwan Setiawan, Rabu (08/06/2016).

Kegiatan Warga Binaan Pemasyarakatan Muslim selama Ramadhan di lapas itu sudah diatur. Mulai dari sahur dan berbuka bersama, shalat tarwih berjamaah, ceramah, lalu ditutup dengan tadarus sampai pukul 21.30 WIB malam.

“Penceramahnya berganti-ganti dan kita datangkan dari luar, bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Ormas di wilayah Kota Bogor,” terang Iwan Setiawan.

Ia menyebutkan, pada waktu berbuka puasa para napi juga diberikan makanan dan takjil yang kualitasnya dilebihkan. Setelah itu para napi akan mengikuti shalat berjamaah, ceramah agama, taraweh dan tadarus Alquran bersama.

“Karena aula Graha Sahardjo yang di fungsikan menjadi masjid kapasitasnya hanya untuk 250 orang, maka napi yang mengikuti juga terbatas, mereka akan bergantian setiap harinya. Selain itu, para napi yang mengikuti tadarus juga ditargetkan akan khatam atau tamat baca Alquran menjelang lebaran,” tuturnya.

Semua kegiatan keagamaan ini dilakukan di Aula Graha Sahardjo, yang berada di dalam Lapas. Hal ini juga dibenarkan oleh salah seorang narapidana yang kebetulan dibebaskan pada hari itu, Ismed Boy (40).

“Setelah tadarus, para tahanan kembali ke blok masing-masing,” kata warga binaan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Lapas Bogor menampung napi yang terdiri dari tahanan yang belum diputuskan vonisnya oleh pengadilan dan para terpidana menjalani masa pidana.

Reporter: A.M

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: gemilangnews.com/2016/06/09/kegiatan-ramadhan-di-lapas-bogor/ […]

JELAJAHI