Tausiah Ramadhan Bersama Walikota Depok

DEPOK-GemilangNews.Com

Bulan Ramadan, hari pertama Pemkot Depok mengadakan beberapa agenda Ramadan di lingkup Balaikota. Salah satunya adalah Tausiah ba’da dzuhur di Masjid Agung Balaikota Depok yang rutin dilaksanakan setelah Sholat dzuhur.

Walikota Depok, Mohammad Idris siang tadi, menjadi penceramah pertama selepas Zuhur berjamaah, Senin (6/6/2016). Dalam ceramahnya, Idris menjelaskan bahwa bulan Ramadan merupakan bulan di mana tiap umat mendapatkan peningkatan energi dalam tiga hal.

“Kelihatannya saja kita lemas saat berpuasa, tapi tanpa kita sadari ada energi positif yang bertambah di diri kita,” ujar Idris.

Pemimpin Kota Belimbing ini mengatakan, bahwa energi pertama yang bertambah adalah energi untuk komitmen terhadap agama. Dalam bulan Ramadan ini, dikatakan Idris bahwa dorongan berbuat baik sangatlah tinggi, tiap umat yang beriman dipacu untuk tingkatkan komitmen melalui amalan dalam Islam.

“Dengan energi selama sebulan ini, diharapkan menjadi bekal bagi kita untuk 11 bulan kedepan setelah Ramadan, diharapkan komitmen terhadap agama tidak luntur,” jelasnya.

Selanjutnya adalah energi dalam bersosialisasi dengan masyarakat, karena dalam bulan penuh rahmat ini para umat Islam  dilatih untuk sosialisasi hidup di masyarakat melalui kegiatan keagamaan yang kerapkali meningkat dalam bulan puasa ini. Dijelaskan Idris bahwa dalam ayat suci Alquran yang membahas tentang puasa, di dalamnya itu selalu menggunakan kata jamak dan diperuntukkan kepada orang-orang yang beriman, karena orang yang beriman dan bertakwa juga punya kewajiban untuk mengajak orang lain untuk bertakwa.

“Sementara yang terakhir adalah bertambahnya energi kedisiplinan, karena dalam puasa kita juga harus disiplin, misal disiplin waktu sahur dan berbuka puasa,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan tausiah ba’da dzuhur merupakan agenda bulan Ramadan yang diselenggarakan oleh Pemkot Depok. Sebagai pengisi ceramah, selain Walikota nanti juga dijadwalkan Wakil Walikota, Sekda dan juga kepala OPD.

Reporter: L.A

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI