Jelang Panen,Petani Tegalwaru Optimis Meningkat

PURWAKARTA-Gemilang News.Com 

Detik detik menjelang panen,biasanya para petani berharap padanya bagus juga harganya optimis meningkat karena,Panen padi merupakan kebanggaan para petani untuk menuai hasil panen  selama empat bulan,salah satu contoh Para petani di Kecamatan Tegalwaru mengaku optimis panen tahun ini akan meningkat. Terjadinya peningkatan produksi padi tersebut, merupakan tanda-tanda yang baik bagi stok pangan di wilayah tersebut serta bisa menambah penghasilan agar tidak membeli beras,terang

Ade Sanusi (50) salah satu petani setempat menuturkan, bahwa hasil panen petani tahun ini akan mengalami peningkatan  dibanding tahun sebelumnya, hal ini disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya, yaitu lancarnya perairan di sawah karena ditunjang dengan curah hujan yang cukup baik selama tiga bulan terakhir.

“Dan kami yakin tahun ini hasilnya akan bagus. karena tiap tahun pada pertengahan bulan hasilnya juga cukup lumayan,” ungkap Ade saat di temui di lokasi pesawahan Kecamatan Tegalwaru, kemarin.

Menurutnya, peningkatan akumulasi jumlah dari panen tersebut, karena petani mampu mengatasi berbagai masalah, dalam menggarap sawah.

“Seperti biaya pembilan pupuk dan juga Hama atau hewan perusak padi seperti wereng, tikus, keong. Semua bisa diatasi dengan baik oleh petani,” ungkap bapa tiga anak itu.

Meski begitu, Ade mengakui bahwa di wilayah Kecamatan Tegalwaru kebanyakan sawah merupakan sawah tadah hujan. Sehingga dalam satu tahun para petani hanya dua kali menggarap sawah mereka.

”Untuk itu kita manfaatkan waktu meningkatkan produksi padi karena momentum ini hanya terjadi disaat musim hujan. Di musim kemarau tanah ini tidak bisa dipakai untuk tanaman padi atau palawija sekalipun,” terangnya.

Senada diatas juga dikatakan Ai Khodijah (40) salah seorang penggarap sawah lainya. Meski hanya memiliki beberapa ratus meter sawah saja. Namun, musim tanam kali ini merupakan surga dia dan petani lainya.

“Untuk itu saat musim tanam ini saya manfaatkan dengan merawat sawah se intensif mungkin karena saat musim kemarau saya wajib beli beras,” tandasnya.

Reporter: WS

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you will find 55795 additional Info on that Topic: gemilangnews.com/2016/05/27/jelang-panenpetani-tegalwaru-optimis-meningkat/ […]

JELAJAHI