Peringati MayDay 2016 Buruh Sukabumi Lakukan Acara Tabuh Bunga

SUKABUMI-GemilangNews.Com

Dalam rangka memperingati hari buruh sedunia atau yang lebih dikenal dengan Mayday 2016 di wilayah Kabupaten,para buruh lakukan kegiatan yang bertempat di Area Palagan Pahlawan 1945 Bojongkokosan Parungkuda Sukabumi Jl. Raya Siliwangi, Desa. Bojong kokosan, Kecamatan. Parung Kuda,Sukabumi,Jawa Barat ( 1 / 5 ).

Massa Koalisi Buruh Sukabumi (KBS) dan GBSI yang dikuti sekitar 1500 anggota DPC KBS Kab. Sukabumi beserta tamu Undangan, dengan Tema kegiatan “BERSATU MEMBANGUN DAN MENEGUHKAN SERIKAT BURUH SEJATI UNTUK WUJUDKAN KESEJAHTERAAN BURUH DAN INDONESIA YG BERDAULAT”.IMG-20160501-WA0004

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya,Asda III Bid. Kesejahteraan Rakyat Kab. Sukabumi, Drs. Asep Abd. Wasit, M.M.,Kadisnakertrans Kab. Sukabumi, Bpk. Aam Amrullah,Camat Parung Kuda, Bpk. Tri Suwitonegoro,Pasi Intel Kodim 0607/ Kota Sukabumi, Kapten Inf Bessing,Kapolsek Parung Kuda, Kompol Dede Suharja,Danramil 0712/ Parung Kuda, Kapten Arm Sanusi,dan Perwakilan BPJS Kab/kota. Sukabumi,SPDAG ( Serikat Pekerja Danon Aqua Group) ,ISBSI ( Serikat Buruh Sejahtera Indonesia),SPTP ( Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan),Ormas FB Laskar Merah Putih.

Ketua GSBI / KSP,Dadeng Nazaruddin kepada GemilangNews.Com mengatakan,dalam moment Mayday sekarang ini kita akan memantau dan menuntut keadilan buruh di sukabumi ini, Jam Kerja yang sudah di tetapkan selama 8 jam banyak yang di salahgunakan, karyawan dipaksa bekerja walaupun sedang sakit,hari ini masih marak PHK yg tanpa alasan, investasi begitu susah giliran penutupan perusahaan begitu mudah, dengan hanya menempel TULISAN, tetapi tidak memikirkan karyawan karyawati yang terPHK,ujarnya.

Sementara itu,Asda III Bid. Kesejahteraan Rakyat Kab. Sukabumi, Drs. Asep Abd. Wasit, M.M. Dalam sambutannya mengatakan,Buruh dan Pemerintah merupakan satua Bagian yang tidak dapat terpisahkan,kehadiran KBS menjadi organisasi yang formal dan sebagai wadah pekerja di Sukabumi, Kondisi yg lebih baik kita harus bisa tunjukan dari waktu ke waktu,Acara yg digagas KBS dg tema “BERSATU MEMBANGUN DAN MENEGUHKAN SERIKAT BURUH SEJATI UNTUK WUJUDKAN KESEJAHTERAAN BURUH DAN INDONESIA YG BERDAULAT” , saya merasa bangga karena sangat relevan dan senapas dg visi pembangunan kabupaten Sukabumi yaitu terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan Mandiri,semangat tema tersebut mencerminkan keterlibatan angggota KBS (Buruh), para pengusaha (bipartit) yg juga anggota KBS, memperlihatkan komitmen untuk membangun kembali hubungan Industrial yang bermartabat,untuk itu saya menginginkan antara pengusaha dan buruh di kab. Sukabumi harus selalu harmonis,karena ke dua pihak ini bukan untuk saling bersaing, yang ada harus seiring berjalan antara kedua unsur ini terjadi simbiosis mutualisme,dalam rangka membangun hubungan industrial yang harmonis,tuturnya.

Masih kata Asda 3,Keharmonisan hubungan yang dijalin pekerja, pengusaha dan pemerintah ( tripartit) maka setiap perbedaan dan persoalan kepentingan dapat diselesaikan dengan baik melalui musyawarah. Desain hub industrial yang diatur dalam UUD no 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan, merupakan bentuk terbaik untuk mengembangkan hubungan dunia ketenagakerjaan dengan dunia usaha yang saling menguntungkan,Kemitraan antara dunia usaha dengan dunia perburuhan yang berjalan baik, sehat dan harmonis akan mendorong tumbuhnya dunia usaha di satu pihak dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dipihak lain. Pada tataran yg lebih luas lagi, dunia usaha tumbuh akan tercipta lbh banyak lap pekerjaan, ekonomi tumbuh dan manfaatnya tentu dirasakan oleh seluruh komponen masy. Apabila keadaan ini dapat kita pelihara dengan baik, ini berarti kita bersama-sama membangun win win solution, karena dunia usaha dapat menunaikan cooperate social responsibility yang dirasakan juga manfaat oleh masyarakat luas,Kebijakan penetapan upah minimum kab/kota sukabumi (umk) sesuai dengan keputusan Gubernur Jabar nomor 561/Kep.1322 8angsos/ 2015 tentang upah minimum kab/kota (umk) di jabar, akan terus di evaluasi dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan hidup layak,jelasnya.

Hal senada diungkapkan, Kadisnakertras Kab. Sukabumi, Bpk. Aam Amarullah,dirinya mengucapkan Selamat memperingati Mayday ( Hari Buruh Se dunia) tahun 2016, kami berharap Pengusaha,Pekerja dan Pemerintah bisa lebih meningkatkan hubungan kerja yang harmonis, sehingga tercipta suasana kerja ideal,Peringatan Mayday 2016 ini terasa sangat berbeda dg tahun sebelumnya, yang lebih mengedepankan kooperatif dalam menyampaikan aspirasi,semoga kedepannya bisa lebih baik,pungkasnya.IMG-20160501-WA0003

Berdasarkan pantauan GemilangNews.Com,peringatan Mayday 2016 setelah menyampaikan aspirasinya diisi dengan Hiburan dan Bhakti sosial ( Donor Darah), bekerja sama dengan PMI Kab. Sukabumi,Pada kesempatan peringatan Mayday tersebut, dijadikan renungan untuk seluruh elemen Buruh dengan adanya berita Duka, Karyawati PT Nina II , Kp. Gang Metro Ds./ Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi a.n Sumarni Lidyawati, umur 44 tahun, warga Kp. Pasir kolotok RT 04 RW 12 Ds./ Kec. Cibadak Kab. Sukabumi, Meninggal dunia Tgl 29 April 2016 Pkl 04.30 di toilet Perusahaan, dimana yang besangkutan tetap bekerja walaupun dalam keadaan sakit,adapun tuntutan para buruh diantaranya :

1. Hentikan pemberangusan Serikat Buruh (Union Busting) dan berikan kebebasan berserikat bagi seluruh buruh yang ada di Kabupaten Sukabumi.

2. Hentikan perampasan upah dalam bentuk apapun serta tindak tegas pengusaha yg tdk menjalankan UMK dan UMSK thn 2016 yg tidak melalui prosedur.

3. Cabut PP No. 78 thn 2015 ttg Pengupahan dan menuntut diberlakukannya upah minimum yang layak tahun 2017 sesuai dengan kebutuhan hidup riil di kabupaten sukabumi.

4. Hapuskan sistem kerja kontrak (PKWT) dan Outsourcing (menuntut adanya kepastian kerja dan dihentikan PHK dlm bentuk apapun).

5. Tingkat Pelayanan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan serta menolak kenaikan iuran peserta mandiri BPJS kesehatan.

6. Menuntut Perlindungan sejati bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) dan keluarnya serta menuntut dicabutnya UU PPTKILN No. 39/2004.

7. Hentikan perampasan, menuntut dilaksanakan land reform sejati bagi kaum tani.

8. Manusiakan Buruh Honorer di Kabupaten sukabumi dengan memberikan seluruh hak-hak dasarnya sebagai buruh.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI