BPBD Kabupaten Sukabumi Lakukan Sosialisasi Dan Penerapan Rumah Tahan Gempa

SUKABUMI-GemilangNews.Com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penerapan Rumah Tahan Gempa kepada tukang bangunan dan tokoh masyarakat di kecamatan Nagrak,yang bertempat di Aula Gedung Desa Nagrak Selatan,Kecamatan Nagrak,Sukabumi,Jawa Barat,Selasa ( 12 / 4 ).

Gempa merupakan siklus alam yang tidak dapat dihindari. Seperti gunung meletus, Longsor,Banjir dan berbagai macam bencana alam lain hal tersebut adalah alamiah.

“Seperti halnya kita sehabis makan lalu ke belakang, hal itu adalah alamiah. Justru kalau tidak terjadi gempa dan letusan gunung, malah berbahaya. Pun ketika ada bencana, pasti ada konsekuensi kesuburan alam dan hal positif lainnya,” ungkap Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Sukabumi,Iwan Setiawan Kepada GemilangNews.Com.disela-sela acara.

Menyoal tentang gempa, ia menganggap banyaknya korban jiwa yang timbul, bukan karena kegempaannya. Namun akibat konstruksi bangunan yang tidak kuat, lalu menimpa manusia dan makhluk hidup lainnya.berangkat dari permasalahan inilah yang sekarang disosialisasikan kepada para tukang bangunan,masyarakat dan aparatur desa sebanyak kurang lebih 80 orang peserta.

“Yang perlu dihindari bukan gempanya, tapi bangunan yang tidak tahan gempa,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Kabupaten Sukabumi,H.Irwan Fahar, bahwa secara geografis kepulauan di indonesia terletak pada pertemuan jalur gempa utama sehingga memiliki aktivitas gempa bumi yg cukup tinggi, belum ada teknologi yang dapat meramalkan kapan dan dimana terjadinya gempa bumi,seringkali banyak korban jiwa yang menyertai terjadinya gempa bumi ,mayoritas korban tewas disebabkan oleh runtuhnya bangunan, kebanyakan bangunan terutama rumah tinggal dibangun tanpa memperhatikan prinsip rumah tahan gempa untuk menghemat biaya,padahal membangun rumah tahan gempa adalah suatu keharusan didaerah rawan gempa seperti di Indonesia ungkapnya.

Dan berharap,setelah adanya sosialisasi ini,para peserta sudah menjadi bagian dari BPBD Kabupaten sukabumi,artinya bisa mensosialisasikan ilmu hasil dari kegiatan hari ini ke masyarakat yang lain agar bisa memperhatikan tingkat keselamatan dalam membangun rumah tinggalnya,untuk menghindari hal – hal yang tidak kita inginkan ,pungkasnya.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you can find 67466 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2016/04/12/bpbd-kabupaten-sukabumi-lakukan-sosialisasi-dan-penerapan-rumah-tahan-gempa/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: gemilangnews.com/2016/04/12/bpbd-kabupaten-sukabumi-lakukan-sosialisasi-dan-penerapan-rumah-tahan-gempa/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: gemilangnews.com/2016/04/12/bpbd-kabupaten-sukabumi-lakukan-sosialisasi-dan-penerapan-rumah-tahan-gempa/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!