Syi’ar Islam Baldatun Center Dengan Gerakan Jumling Mewakafkan Al-Qur’an dan Menyantuni Anak Yatim

SUKABUMI-GemilangNews.Com

Baldatun Center kembali lakukan kegiatan Jum’at keliling,gerakan mewakafkan Alqur’an dan menyantuni anak yatim bertempat di Masjid Jami Alhuda,Kp.Panyindangan RT. 23 / 5 Desa Pawenang,Kecamatan Nagrak,Sukabumi, Jawa Barat,Jum’at ( 8 / 4 ).

Berdasarkan informasi yang dihimpun GemilangNews.Com, turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya,Anggota DPRD Komisi IV Fraksi Partai Gerindra,Ade Dasep Zaenal Abidin,Sekmat kecamatan Nagrak,Penjabat Kepala Desa Pawenang,Ujang Memo,para DKM Masjid Jami Alhuda,tokoh masyarakat, tokoh agama beserta puluhan anak yatim se Desa Pawenang, dan kegiatan ini merupakan rangkaian program kerja Baldatun Center, mewakafkan 17 Alqur’an,menyantuni 41 anak yatim adalah salah satu cerminan dari Budaya Baca Alqur”an, Budaya Paham Alqur’an dan Budaya Amal Alqur’an. IMG_20160408_182009

Pendiri dan Penanggung Jawab Baldatun Center,yang juga Anggota dan Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi,Ade Dasep Zaenal Abidin,Kepada GemilangNews.Com mengatakan bahwa dalam kehidupan manusia terdapat banyak peninggalan bersejarah yang monumental dan mengandung nilai yang tinggi. Peninggalan semacam ini, biasanya dijaga dan dipelihara sebagai ‘peringatan’ agar manusia dapat mengambil pelajaran. ”Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.”.dalam Alquran, hal-hal yang monumental semacam itu dinamai ‘syiar’ yang secara harfiah berarti tanda atau rambu-rambu yang dipasang untuk mengenali sesuatu. Kata syiar berasal dari kata syu`ur, yang bermakna rasa, karena syiar dibangun agar setiap orang yang melihatnya merasakan keagungan Allah SWT ujarnya.

Masih Kata Adza,program kerja Jum’at Keliling,Gerakan Mewakafkan Alqur’an dan menyantuni anak yatim adalah salah satu Syiar yang selanjutnya untuk dipahami sebagai tanda ibadah,Syiar bisa menunjuk pada tempat-tempat yang mulia, seperti Ka`bah, Shafa, Marwah, Arafah, dan al-Masy`ar al-Haram; bisa menunjuk pada waktu, seperti bulan Dzulqa`dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab; dan dapat pula menunjuk pada amalan-amalan agama , syiar tak hanya menunjuk pada amalan ibadah haji semata, tetapi semua ibadah, bahkan semua aktivitas yang menjadi simbol kepatuhan seseorang kepada Allah. Syiar diagungkan sebagai manifestasi rasa takwa. Firman-Nya: ”Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.”,Kegiatan mengagungkan syiar Allah ini dipahami oleh para ulama dalam beberapa makna. Pertama, ihtifal. Bahwa aktivitas keagamaan yang bernilai syiar, perlu dilakukan secara terbuka, meriah, dan penuh antusiasme, tetapi tetap khidmat dan penuh makna, Kedua, iltizam. bahwa mengagungkan syiar itu merupakan kewajiban agama yang harus ditunaikan oleh setiap Muslim sebagai bagian dari proses tadzkir, yaitu usaha untuk mengingatkan manusia pada keagungan Allah,Ketiga, itmam. Bahwa syiar harus dilakukan sebaik dan sesempurna mungkin,seperti telah dikemukakan bahwa syiar bertalian dengan takwa. Ahli tafsir Zamahsyari, juga Ibn `Asyur, memahami takwa sebagai mabda’, atau pangkal tolak kegiatan syiar. Bagi Al-Alusi, selain sebagai  mabda’, juga sebagai ta`lil, yakni alasan perlunya syiar,ini berarti, syiar Islam tak boleh dilihat dari sisi simboliknya semata, tetapi pada makna profetiknya yang inspiratif dan transformatif. Dalam arti, lahir dari semangat takwa untuk menggerakkan manusia mencapai derajat takwa jelasnya.

Jadi konteks kerja Program Baldatun Center ini telah mencakup semua itu, karena ada salah satu hadits menyebutkan, dimana telah meninggal anak cucu adam,maka akan putus segala amal perbuatannya kecuali 3 perkara,pertama Sodakoh Zariah, Anak Yang Soleh, dan Ilmu yang bermanfaat, untuk itulah sebagai bentuk bakti dan kecintaannya kepada kedua Almarhum orangtua juga bentuk pengabdian dirinya kepada Pendiri Partai Gerindra yaitu H. Prabowo Subianto, program Jum’at Keliling, Gerakan Mewakafkan Alqur’an dan Menyantuni anak yatim merupakan program harga mati bagi dirinya bersama Baldatun Center,karena selama diberikan kesehatan dan kekuatan, insya Allah program tersebut akan terus dilaksanakan pungkasnya.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

JELAJAHI