TTP CIGOMBONG RUMAHNYA PETANI

BOGOR-GemilangNews.com

Kabupaten Bogor merupakan salah satu diantara 22 TTP yang dibangun kementrian pertanian pada tahun 2015 di seluruh indonesia. TTP ini merupakan bagian dari target 100 TTP sebagai salah satu “QUICK WIN” dari pemerintah jokowi-jk. Pengembangan Taman Teknologi Pertanian (TTP) ini merupakan kerja bersama antara kementrian pertanian, pemda kabupaten bogor dan institut pertanian bogor. Nota kesepahaman antara Bupati Bogor dan Kepala Badan Litbang Pertanian untuk pengembangan TTP ditandatangani pada tangagal 7mei 2015, melalui nota kesepahaman nomor 483/HK.220/I/05/2015 dan 119/10/V/KB/KS/2015. Pembangunan fisik dimulai pertengahan tahun 2015, dan secara bersamaan digerakan pula upaya pemberdayaan masyarakat,melalui pengembangan beragam komoditi bernilai ekonomi tinggi yang dipadukan dengan usaha  pertenakan pengembangan TTP cigombong bogor dilakukan di desa tugu jaya kecamatan cigombong dengan desa pengembangan di desa cisalada dan pasir jaya Pada tahun pertama pengembangan kegian di 7 zone yang meliputi areal 8,5 hektar, telah dikembangkan beragam tanaman. Melihat kondisi lahan yang dominan dalam kemiringan, maka tanaman keras berupa tanaman buah buahan seperti durian dan jambu kristal serta tanaman perkebunan berupa kopi dan pala menjadi tanaman utama. Disela tanaman ini diusahakan beragam komoditi bernilai tinggi utamanya cabe merah dan jagung manis serta aneka sayuran. Berdasarkan pengalaman pengembangan aneka tanaman dan ternak pada tahun pertama, maka ke depan TTP Cigombong akan diarahkan sebagai pusat pengembangan usaha peternakan, utamanya ayam kampung Unggul Balitbangtan (Ayam KUB), Kambing perah dan Domba, yang didukung aneka tanaman bernilai ekonomi tinggi.

Sesuai dengan target ahir yang disepakati dalam pengembangan TTP Cigombong, yaitu terbentuknya  “Kawasan Pintar, spesifik lokasi yang dikelola secara professional dan menjadi pusat bisnis pertanian yang menghidupi petani sekitarnya dan pengelolanya melalui pengembangan kerjasama dengan dunia usaha dan menghasilkan produk yang beragam, serta menyediakan fasilitas pelatihan, magang, pengembangan inkubator agribisnis, dan salah satu tujuan wisata IPTEK pertanian di Kabupaten Bogor.

Maka pengembangan TTP Cigombong akan di anggap berhasil bila dari kegiatan ini lahir usahawan muda pertanian yang berbasis teknologi, serta berkembangnya berbagai kegiatan pelatihan, magang dan lainnya, dimana semuanya itu dapat menghidupi kegiatan di TTP, sehingga TTP ini pada akhirnya bukan Cost Center yang memberatkan anggaran pemerintahan.

Untuk itu ke depan pengembangan TTP Center akan d lengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga layak sebagai suatu kawah candradimuka bagi pengembangan usahawan muda peternakan serta sumber inovasi peternakan handal di kabupaten Bogor.

Selain inovasi beberapa teknologi juga dikembangkan beragam kelembagaan yang menunjang bagi pengembang bisnis pertanian dan peternakan. Diluar tapak kegiatan TTP di Desa Tugu jaya, pasir jaya dan cisalada dikembangkan usaha peternakan Domba secara komunal. Salah satu inovasi kelembagaan yang dikembangkan dalam usaha komunal ini adalah melibatkan penyuluh sebagai patner bisnis petani. Melalui pendekatan ini penyuluh juga akan dapat insentif dari keterlibatannya dalam pembinaan kegiatan komunal. Diharapkan dengan pendekatan ini keberlanjutan usaha akan berjalan lebih baik, karna adanya saling control antara petani dan penyuluh.

Reporter: Saripudin

Editor: HG

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

JELAJAHI