Selamatkan Harga Dipetani,Kementan Dan Bulog Serap Gabah

SUKABUMI-GemilangNews.com

Pencanangan program penyerapan gabah sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menyerap seluruh gabah hasil panen petani,Pemerintah Daerah,Badan Urusan Logistik dan Kementrian bekerjasama dalam menanggulangi turunnya harga gabah ditingkat petani dilakukan di Kp.Pangumbahan Desa Babakan Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi Jawa Barat,Sabtu (12/03).  Menteri Pertanian Republik Indonesia A.Amran Sulaiman mengatakan bahwa Pencanangan ini dilakukan bersamaan dengan panen perdana di Jawa Barat di areal 10 ha dari luas padi 1.200 ha di Kecamatan Cisaat, Sukabumi. Menurut perkiraan panen raya di Kabupaten Sukabumi dengan areal tanam 90.000 ha dari luas baku lahan 64.000 ha akan dilaksanakan pada akhit Maret dan awal April 2016, ujarnya.

Masih kata Amran Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi yang merupakan salah satu sentra padi nasional ini dikarenakan mempunyai angka produktifitas. 6,6 ton/ha,namun sangat disayangkan masih terdapat tekanan-tekanan terhadap petani dengan rendahnya harga yang diterima khususnya pada saat panen akibat panjangnya rantai petani dengan broker,masih didapati harga kotor gabah kering panen sebesar Rp.3.700 perkilo gramnya, bersih pendapatan bersih petani Rp.3.300 setelah dipotong biaya pikul dan biaya panen,dibawah harga yang ditetapkan pemerintah tuturnya.

Arman juga menambahkan, Untuk itu menyerap gabah langsung kepada petani adalah memotong mata rantai dagang beras sehingga harga pangan pokok ini dimasyarakat stabil,adanya jaminan harga beli dipetani mendorong kegairahan menanam dan bertani yang pada akhirnya akan menjamin ketersediaan dan kedaulatan pangan Nasional, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan panen raya dan Peluncuran Program Serap Gabah tersebut diantaranya, Mentri Pertanian RI,Andi Amran Sulaiman,Aster Kodam III Siliwangi,Kasrem 061,Bupati Sukabumi,para Dandim,Bulog,SKPD Kabupaten Sukabumi,beserta ratusan Gapoktan dan Poktan yang berada diwilayah Provinsi Jawa Barat.

Reporter : Rizal

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you can find 11199 additional Information on that Topic: gemilangnews.com/2016/03/12/selamatkan-harga-dipetanikementan-dan-bulog-serap-gabah/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!