Usai Dapat Bimtek DPR RI, IKM Magetan Diminta Mengaplikasikannya

Magetan, GemilangNews.Com- Ada berbagai cara dilakukan dalam memajukan usaha mikro di Kabupaten Magetan, Jatim. Diantaranya sebanyak 60 peserta Wirausaha Muda Magetan mengikuti kegiatan Bimbingan Tehnis   Wirausaha Baru (WUB), Industri Kecil Menengah (IKM) di Hotel Merah 2 Sarangan, Magetan, Jatim, Selasa (25/2/2020).

Selanjutnya rincian 60 peserta tersebut  terdiri dari 20 orang bidang Aluminium, 20 orang bidang Produksi Olahan Susu,dan 20 orang mengikuti Bimtek Kerajinan Bambu.sedangkan Bimtek diadakan selama 4 hari yaitu 25 hingga 28 Februari 2020.

Kegiatan Bimtek bertema “Penumbuhan dan Pengembangan” Wirausaha Baru ini terselenggara atas kerjasama antara Kementrian Perindustrian RI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan dengan Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) atau Ibas.

David Christian Bojoh selaku Staf Tenaga Ahli EBY mengatakan, seiring dengan salah satu visi  Bupati Magetan yakni Meningkatkan perekonomian daerah melalui keberpihakan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro sebagai pilar ekonomi kerakyatan serta pemberdayaan masyarakat desa sebagai basis sekaligus ujung tombak pembangunan daerah, maka potensi IKM Magetan perlu terus didorong secara komprehensif, kemampuan SDM, daya saing, akses permodalan, akses pasar, serta promosi dan menejerial agar bisa terus maju. “Kegiatan ini juga singkron dengan salah satu program prioritasnya Bupati Magetan yakni Penyediaan dan pengembangan SDM yang SMART (Sehat Maju Agamis Ramah dan Terampil) sehingga selain menampung lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan, menjadi motor pendapatan daerah,” jelas David.

Masih menurut David juga menambahkan bahwa sebagai mitra kerja, EBY mempunyai komitmen untuk mendorong segenap potensi daerah, dan bersinergi menyeluruh dengan stakeholder membangun sektor IKM.

Sementara itu Ketua Panitia Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru IKM di Magetan, Herman Budoyo mengatakan tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta. “Ada tiga kegiatan  yang diselenggarakan, meliputi Bimtek usaha aluminium, Bimtek produk susu dan Bimtek kerajinan bambu,” ucap Herman.

Dia berharap peserta mampu mengaplikasikan hasil yang didapat dalam menjalankan usahanya. “Serta menciptakan produk yang berkualitas  dan menumbuhkan jiwa wirausahanya,” katanya.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan, Sucipto berharap kegiatan Bimtek Kewirausahaan seperti ini terus diadakan dan ada Follow Up seusai kegiatan. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan seperti ini. Semoga selesai Bimtek ini ada Follow Up nya dari pusat,” ujar Sucipto.

Masih menurutnya, juga berkomitmen untuk melaksanakan tindak lanjutnya secara kongkret. Ada hal yang menarik dalam bimtek kali ini, karena para peserta Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru IKM di Hotel Merah 2 juga akan dibantu di buatkan  Nomer Induk Berusaha (NIB) secara online, yang berfungsi sebagai tanda daftar usaha secara nasional. 

Sumber : (Muh Nurcholis)

Admin    : (Redaksi GemilangNews.Com)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2020/02/25/usai-dapat-bimtek-dpr-ri-ikm-magetan-diminta-mengaplikasikannya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Here you will find 42893 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2020/02/25/usai-dapat-bimtek-dpr-ri-ikm-magetan-diminta-mengaplikasikannya/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2020/02/25/usai-dapat-bimtek-dpr-ri-ikm-magetan-diminta-mengaplikasikannya/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Here you will find 3690 more Info to that Topic: gemilangnews.com/2020/02/25/usai-dapat-bimtek-dpr-ri-ikm-magetan-diminta-mengaplikasikannya/ […]

  5. … [Trackback]

    […] There you can find 61712 additional Info on that Topic: gemilangnews.com/2020/02/25/usai-dapat-bimtek-dpr-ri-ikm-magetan-diminta-mengaplikasikannya/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!