Tim Gugus Tugas Buka Dapur Umum di Halaman Mapolres Batang untuk Bantu Warga

BATANG-GemilangNews.Com

Tim Gugus Tugas yang terdiri dari unsur Polres, Kodim dan Pemkab Batang, membuka dapur umum yang menyediakan menu untuk berbuka puasa bagi masyarakat terdampak Pandemi Covid-19.

Hasil olahan di dapur umum yang berada di halaman Mapolres Batang tersebut, selanjutnya akan dibagikan kepada 750 warga.

“Kegiatan dapur umum ini merupakan bentuk sinergitas bersama Dandim 0736/Batang dan Pemkab Batang, sebagai upaya dari jajaran Forkopimda untuk bisa memberikan sumbangsih kepada saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19,” ungkap Kapolres Batang AKBP Abdul Waras didampingi Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu dan Bupati Batang Wihaji, usai memasak bersama di Dapur Umum TNI-Polri-Pemda, Mapolres Batang, Kamis (30/04/2020).

Pembagian makanan sendiri akan dilakukan oleh tim gabungan dari Polres, Kodim dan Pemkab Batang kepada masyarakat di wilayah sekitar Polres Batang, Makodim Batang, tukang becak di sekitar Alun-alun dan Pasar Batang. Selain itu, juga untuk warga Kelurahan Karangasem Utara, Kasepuhan dan warga yang sedang menjalani karantina Gedung Pramuka.

“Pembagian menu berbuka akan dibagikan secara periodik bersama jajaran Kodim dan Pemda, agar bisa membantu masyarakat, terutama selama bulan Ramadan,” lanjut Kapolres.

AKBP Abdul Waras mengimbau, agar warga Kabupaten Batang dapat meningkatkan kesabaran di bulan suci Ramadan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan seluruh warga mematuhi imbauan dari pemerintah, dan semoga wabah Corona ini cepat berlalu,” harap Kapolres Batang AKBP Abdul Waras.

Dandim 0736/ Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu menuturkan, dapur umum ini merupakan bentuk sinergitas dari Polres, Kodim dan Pemda, termasuk kokinya pun gabungan dari ketiga jajaran tersebut.

“Kita akan selalu bersama sesuai arahan dari Bapak Bupati, apa-apa yang akan dilakukan,” ujarnya.

Sementara Bupati Batang Wihaji mengucapkan terima kasih kepada TNI/Polri yang selalu mendukung secara total dan terdepan bersama Pemda dalam pencegahan maupun dampak secara ekonomi.

“Hari ini adalah giat dapur umum dari TNI/Polri bersama Pemda, yang akan diprioritaskan kepada warga yang membutuhkan,” tutur Bupati.

Bupati Wihaji menambahkan, terkait bantuan sosial bagi terdampak Covid-19, akan menunggu dari kebijakan Pemerintah Pusat yang sebagian telah dibagikan, namun secara keseluruhan akan dibagikan serentak.

“Kita akan berikan bersama antara lain bantuan dari Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Batang, Dana Desa dan Pemerintah Pusat yang saat ini sedang dikalkulasi agar tepat sasaran, tidak tumpang tindih dan tidak melanggar aturan,” tandas Bupati. (H5H/Red GN)