Pulihkan Mental Pasien Covid-19, TNI AD Kirim Psikolog Militer

JAKARTA-GemilangNews.Com

Untuk memulihkan kondisi mental pasien penderita Covid 19, Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) mengirimkan Psikolog militernya untuk bergabung dengan Satgas TNI, Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid 19, Wisma Atlet Kemayoran.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) Brigjen TNI Dr. Eri Radityawara Hidayat dalam keterangannya di Bandung, Senin (20/4/2020).

Acara pemberangkatan Tim Dispsiad ini dipimpin langsung oleh Kadispsiad dengan jumlah personel tiga orang dipimpin Kapten Didon Permadi, S.Psi., M.Psi..

Dikatakan Kadispsiad, sesuai surat perintah Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Sprin/1254/IV/2020 tanggal 17 April 2020, Tim Dispsiad akan bertugas selama satu bulan di Wisma Atlet, Kemayoran. Dalam pelaksanaan tugasnya, Tim Psiad akan bergabung dengan Tim Psikologi TNI AL dan Tim Psikologi TNI AU serta relawan dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

“Kegiatan yang akan dilakukan oleh tim psikologi adalah untuk menjaga kesehatan mental para pasien yang terpapar oleh Covid-19. Seperti kita ketahui bersama, pada saat ini belum ada vaksin untuk menanggulangi Covid-19, sehingga para penderita Covid-19 harus dapat melawan virus ini melalui imunitas tubuhnya sendiri, “ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu faktor yang dapat mengurangi imunitas tubuh adalah kondisi stres dan rasa takut yang dihadapi oleh para pasien Covid-19, sehingga mereka antara lain merasa bosan saat diisolasi, tidak bisa tidur dan mengalami depresi.

“Untuk itu, para personel Tim Psikologi akan mendukung tugas Satgas Kesehatan dalam memulihkan kondisi psikologis pasien Covid-19 di Wisma Atlet sehingga mereka dapat sehat kembali baik secara fisik maupun psikis dan memiliki imunitas tubuh yang dibutuhkan untuk melawan Covid-19., “ Imbuh Kadispsiad.

Untuk diketahui, sesuai hasil koordinasi Kadispsiad dengan Ketua Himpsi Dr. Seger Handoyo, dalam rangka melakukan standarisasi pelayanan psikologi untuk Covid-19 bagi para psikolog TNI, maka pada hari Rabu tanggal 22 April 2020 akan dilaksanakan pembekalan layanan telekonseling serta panduan layanan psikologi dalam masa tanggap darurat Covid-19.

“Telekonseling akan diselenggarakan oleh Satgas Layanan Psikologi Covid-19 Pengurus Pusat Himpsi dan Himpsi DKI Jakarta, bekerja sama dengan Dinas Psikologi Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Kami sebelumnya telah bekerja sama dengan Himpsi Jawa Barat, para personel Dispsiad telah memberikan layanan telekonseling bagi masyarakat di Jawa Barat, “ pungkas Ery.

Sumber : Dispenad

Admin : Red GN

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2020/04/20/pulihkan-mental-pasien-covid-19-tni-ad-kirim-psikolog-militer/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: gemilangnews.com/2020/04/20/pulihkan-mental-pasien-covid-19-tni-ad-kirim-psikolog-militer/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2020/04/20/pulihkan-mental-pasien-covid-19-tni-ad-kirim-psikolog-militer/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2020/04/20/pulihkan-mental-pasien-covid-19-tni-ad-kirim-psikolog-militer/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2020/04/20/pulihkan-mental-pasien-covid-19-tni-ad-kirim-psikolog-militer/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!