Mendes, Eko P. Sandjojo Tinjau Posko Tanggap Bencana di Palu

PALU-GemilangNews.Com

Untuk memastikan kesiapan pendirian posko tanggap bencana gempa bumi dan tsunami pada Jumat lalu hingga saat ini di Sulawesi Tengah yang menelan korban hampir 2000 orang, mengundang simpati banyak pihak, termasuk Menteri Desa PDTT, Eko P. Sandjojo. Mendes didampingi Dirjen PPMD, Taufik Madjid, Plt. Dirjen PDTU, Aisyah Gamawati dan unsur pimpinan lainnya tinjau langsung lokasi posko utama di area Balai Diklat Transmigrasi Jln. M. Yamin 21, Palu, Senin, (01/10/2018)

Di posko seluas 1 hektare tersebut, Eko, langsung melakukan rapat bersama tim dari unsur Dinas Transmigrasi, unsur relawan NGO, Hidayatullah, Konsultan Nasional P3MD, Zaenal Daud, Arwani, Panji Pradana, Choiril Akbar, Konsultan P3MD Provinsi Sulbar, Amran, Firman, dan Pendamping Desa di Provinsi Sulteng.

Eko menyampaikan, pihaknya telah membentuk tim relawan yang terdiri dari Setjen, Ditjen dan Direktorat di lingkungan Kemendes PDTT, diketuai oleh Aisyah Gamawati. Dia berharap tim segera memastikan kebutuhan di lapangan, baik tenda, dukungan SDM, logistik, sarana dapur umum, listrik, obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat terdampak gempa.

“Kita siapkan dukungan anggaran sekitar 15 M dan Tim Relawan yang siap bantu masyarakat. Kita juga gandeng BRI, Indofood, Sinarmas, Salim Grup, Astra dan lainnya”, ujar Eko.

Sementara menurut ketua Tim Relawan, Aisyah, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim pusat dan provinsi terkait penyiapan tanggap bencana, evakuasi, trauma healing, distribusi logistik dan recovery pasca bencana.

Dia mengatakan, struktur tim terdiri dari Ketua, Aisyah Gamawati, Sekretariat, Sugito, Koordinasi Data, Publikasi dan Informasi, M. Fachri, Korlap, Hasman Maani, Logistik dan Sarpras, Sigit Mustofa, Koordinasi Bantuan dan Donasi, Fajar Tri Suprapto, Koordinasi Kesehatan, Mety Susanty, Koordinasi Dapur dan Sarana Umum, Razak.

“Tim advance, 5 orang sudah turun ke Palu. Kita bekali uang 100 juta untuk keperluan bantuan tenda dan logistik”, kata Aisyah.

Terkait dukungan relawan pendamping desa, Dirjen PPMD, Taufik Madjid dalam hal ini mengatakan, pihaknya siapkan 60 sampai 100 pendamping desa, terdiri dari unsur Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Desa. Mereka berkantor di Posko Utama di Palu, Posko Penghubung atau Antara di Kabupaten dan Tenda-tenda pengungsian yang tersebar di Desa-desa.

“Pendamping Desa bertugas dan ngantor di Posko-posko secara bergantian, baik untuk tanggap darurat bencana maupun recovery pasca bencana”, tutupnya.

Reporter: Yulis/Ril

 

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 51449 additional Information on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/02/mendes-eko-p-sandjojo-tinjau-posko-tanggap-bencana-di-palu/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: gemilangnews.com/2018/10/02/mendes-eko-p-sandjojo-tinjau-posko-tanggap-bencana-di-palu/ […]

  3. … [Trackback]

    […] There you can find 70541 more Information on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/02/mendes-eko-p-sandjojo-tinjau-posko-tanggap-bencana-di-palu/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Read More here on that Topic: gemilangnews.com/2018/10/02/mendes-eko-p-sandjojo-tinjau-posko-tanggap-bencana-di-palu/ […]

  5. … [Trackback]

    […] There you will find 84463 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/10/02/mendes-eko-p-sandjojo-tinjau-posko-tanggap-bencana-di-palu/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!