MANFAATKAN CHIKA DAN VIKA UNTUK KEMUDAHAN AKSES INFORMASI

Lampung Utara-GemilangNews.Com- Selain layanan operasional di kantor cabang BPJS Kesehatan, peserta JKN tentu sudah tidak asing lagi dengan kanal layanan digital yang bisa diakses melalui ponsel seperti Aplikasi Mobile JKN dan Care Center 1500 400. Lalu sudahkah kalian berkenalan dengan Chika dan Vika?

CHIKA adalah kependekan dari Chat Assistant JKN, merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. CHIKA dapat diakses melalui media sosial BPJS Kesehatan seperti Facebook Messenger

http://www.facebook.com/BPJSKesehatanRI/, Telegram http://t.me/BPJSKes_bot dan Whatsapp melalui nomor handphone 08118750400. Sedangkan Vika kependekan dari Voice Interactive JKN, merupakan layanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Meivy Yanti mengungkapkan bahwa Chika dan Vika merupakan novasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan guna memberikan kemudahan kepada peserta JKN dalam mengakses pelayanan kepesertaan dalam Program JKN-KIS.

“Harapannya dengan adanya inovasi ini peserta tetap bisa mengakses layanan administrasi dimana saja dan kapan saja melalui smartphonenya tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang. Terutama saat pandemi Covid-19 seperti ini yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain,” ujar Meivy.

Meivy menjelaskan bahwa melalui Chika peserta dapat mengakses informasi status peserta, cek tagihan, lokasi Fasilitas Kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, registrasi peserta dan ubahan data peserta. Peserta tinggal mengetik nomor menu yang diinginkan lalu memasukkan nosmor Peserta BPJS Kesehatan atau NIK.

Salah satu peserta yang telah menggunakan kanal layanan Chika adalah Mia (34) peserta segmen PBPU. Ia mengaku senang dengan adanya layanan ini karena cenderung mudah digunakan dan informasi yang didapatkan juga akurat.

“Daripada jauh-jauh ke kantor cabang lebih baik manfaatkan dulu kanal layanan digital yang ada, misalnya Chika ini. Nah saya biasanya memanfaatkan Chika untuk mengecek tagihan, saya juga sering membantu saudara atau tetangga untuk mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan mereka. Saya sangat terbantu dengan adanya Chika,” ujar Mia.(Rilis/mht)

JELAJAHI