Kepemimpinan Kaum Kartini Tengah Di Uji Untuk Melawan Wabah Pandemi

KEMANG-GemilangNews.Com

Setiap tanggal 21 April, segenap masyarakat Indonesia memperingati sebuah hari bersejarah yaitu Hari Kartini. Hari yang ditetapkan sebagai hari perjuangan kaum perempuan di Bumi Nusantara. Saat ini, di tengah wabah pandemi Corona Virus Disseas (Covid-19), kaum gender yang telah menjadi pemimpin masyarakat, tengah diuji kepemimpinannya dalam perang melawan virus Corona.

Di Kabupaten Bogor, Bupati Ade Yasin menjadi tokoh sentral perempuan yang terus berjuang melawan Covid-19 karena posisinya sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Ketua DPW PPP Jawa Barat ini, didukung pula oleh seorang perempuan bernama Syarifah Sofiah, selaku Kepala Bappeda Litbang yang menjabat sebagai juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

Sementara di Kecamatan Kemang, Ria Marlisa, Sekcam Kemang sekaligus pelaksana tugas (Plt) Camat Kemang juga berjibaku mengkoordinasikan berbagai kegiatan melawan Covid-19. Saat ditemui media ini, Ria sapaan akrabnya mengungkapkan, ditengah wabah pandemi dirinya tetap rutin melakukan rapat terbatas dengan satgas covid penanganan covid 19 baik kecamatan maupun di masing masing desa.

Ket. Foto :
~ Kaum perempuan di Indonesia saat ini tengah berjibaku ikut memerangi penyebaran virus Corona. Dari mulai tingkat kabupaten hingga ke desa – desa. Kaum Kartini yang terpilih menjadi pemimpin wilayah, terus memaksimalkan peran aktif nya melawan pandemi sesuai kemampuan dan kewenangan yang dimiliki.

“Kami kaum perempuan di Pemerintahan Kecamatan Kemang bersama ibu – ibu PKK desa, ikut terjun langsung melakukan penyemprotan desinfektan fasilitasi umum dan lingkungan, membagikan masker, obat dan kegiatan lainnya. Termasuk mepakukan wawar kepada warga untuk tetap mematuhin anjuran pemerintah termasuk pelaksanaan PSBB,” Papar Ria Marlisa, Senin (21/4/2020).

Dia menambahkan, saat ini terus berusaha memaksimalkan peran aktif perempuan terutama ibu – ibu PKK tingkat Desa di seluruh wilayah kecamatan Kemang guna melaksanakan dan menyiapkan dapur umum serta pembagian nasi bungkus untuk warga masyarakat yang terdampak ekonomi atau pengahsilannya akibat wabah virus Corona. “Saat ini, saya tengah melakukan rapat koordinasi dengan semua Kepala Desa untuk menyiapkan posko serta dapur umum dengan melibatkan ibu – ibu PKK.” pungkasnya.

Hal inipun diamnini oleh Ayoh Yohana, perempuan yang menjadi Kepala Desa Pabuaran Kecamatan Kemang. Menurut kades gender ini, upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona terus dilakukan semua pemerintah desa termasuk dirinya. “Upaya melawan Covid-19 ini kan tugas kemanusiaan bagibsemua orang. Saya bersama kaum perempuan lainnya, tentu selalu siap membantu masyarakat sesuai kemampuan dan kewenangan yang dimiliki.” ujarnya. (Red)