BPJS KESEHATAN BERIKAN LAYANAN OPTIMAL SESUAI PROTOKOL COVID-19

Lampung Utara- GemilangNews.Com- Libur Lebaran telah usai, hari ini BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi kembali membuka pelayanan administrasi di kantor cabang dengan tetap menggunakan protokol kesehatan selama masa pandemic Covid-19.

Walaupun libur kali ini tidak cukup panjang karena cuti bersama ditiadakan, semangat pegawai BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN tidak pernah surut.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Meivy Yanti mengatakan bahwa selama masa pandemi ini pelayanan di kantor cabang BPJS Kesehatan tetap dilaksanakan seoptimal mungkin.

“BPJS Kesehatan berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta JKN-KIS. Walaupun cuti bersama ditiadakan dan para pegawai dihimbau untuk tidak melakukan mudik ke kampung halaman, kami tetap semangat melayani peserta terlebih keputusan ini diambil untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia,” ujar Meivy, Selasa (26/05).

Lebih lanjut Meivy menjelaskan bahwa layanan operasional yang dapat diakses oleh peserta di kantor cabang meliputi perubahan data peserta bagi peserta Penerima Bantan Iuran (PBI), pendaftaran bayi baru lahir untuk peserta PBI-APBN dan PBI-APBD, hilang kartu, perubahan segmen kepesertaan, dan perubahan fasilitas kesehatan bagi peserta PBI.

“Selain layanan yang sudah disebutkan tadi, peserta juga bisa mengakses layanan digital yang bisa diakses melalui ponsel yaitu Aplikasi Mobile JKN, Aplikasi CHIKA VIKA, dan Care Center 1500 400. Informasi terkait BPJS Kesehatan juga dapat diakses melalui akun media sosial resmi milik BPJS Kesehatan,” tambah Meivy.

Adanya layanan digital ini selain bertujuan untuk mengurangi kontak fisik (physical distancing) guna menekan penyebaran Covid-19, layanan ini juga memiliki keunggulan lain yaitu bisa diakses kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan sehingga akan menghemat waktu dan biaya transportasi.
Abi (26) peserta segmen PBI APBN yang pada hari ini mengunjungi kantor BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi untuk melakukan perubahan faskes mengaku senang melihat kesigapan satpam dan petugas BPJS Kesehatan dalam melayani para peserta.

“Pertama saya dipersilahkan untuk cuci tangan terlebih dahulu lalu setelah itu suhu tubuh saya diukur. Semua peserta diperlakukan sama, bahkan duduk pun kami tidak boleh bersebelahan untuk menjaga jarak. Saya harap hingga pandemi ini usai BPJS Kesehatan akan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan ini dan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta,” ujar Abi.(Rilis/mht)

JELAJAHI