Aster Panglima TNI Tinjau Ketahanan Pangan di Pacet kabupaten Cianjur

CIANJUR-Gemilangnews.com

Guna meningkatkan ketahanan pangan nasional yang selama ini digalakkan pemerintah, Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Madsuni, yang didampingi Kolonel Kavaleri Untung (Sahli panglima TNI)
Kolonel Kav Harfuddin Daing (Paban III/Tahwil Ster TNI), serta Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav. Ricky Arinuryadi, Danyon Armed Letkol Arm Haryanto, termasuk Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat, berupaya terus mensukseskan program Tanam Pemberdayaan Ketahanan Pangan (TPKP) selama ini.

Kegiatan peninjauan lokasi ketahanan pangan sendiri, berlokasi di Kampung Ciguntur Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jumat (7/8/2020). Langkah ini pun tak lepas mendapatkan respon sangat baik dari para petani, demi mendukung ketahanan pangan nasional khususnya di Kabupaten Cianjur.

Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni mengatakan, program pemerintah dan TNI ini dalam rangka mendorong ketahanan pangan nasional. Terlihat wilayah di dataran tinggi Cipendawa ini memiliki kontur tanah yang subur, yang dimanfaatkan terus dengan maksimal.

“Disini kami menanam aneka jenis tanaman hortikultura, dan didukung dengan teknologi pertanian. Kami pun ikut membina kelompok tani  yang berasal dari petani sekitar. Kami juga sediakan sarana prasarana, dan hasilnya pun akan dinikmati para petani,” tuturnya usai kegiatan.

Mayjen Madsuni mengatakan, pelaksanaan ini tak lepas dari kerjasama dan bantuan
Dandim 0608/Cianjur yang mengawal DI wilayah Kabupaten Cianjur.

Dengan begitu, diharapkan dalam pelaksanaan ketahanan pangan ini bisa menjadi contoh kegiatan Kodim di daerah lainnya.

“Untuk Cianjur ini memiliki beragam jenis hortikultura. Semoga bisa menunjang kebutuhan kebutuhan sayur mayur warga. Saat ini harga cabai kan naik, semoga dengan upaya penanaman seperti ini bisa membuat harga stabil,” paparnya.

Selain itu, Mayjen Madsuni menuturkan, penanaman di lahan dataran tinggi ini memang pasoka air cukup banyak. Sehingga suplai airnya terus terjaga dan tanaman tumbuh subur.

“Upaya yang kami lakukan ini, demi mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Pacet, Deni Juwaeni mengatakan, adanya peninjauan yang dilakukan TNI ini akan sangat mendorong pihaknya bersama para petani supaya bisa lebih produktif dalam pengolahan tanam holtikultura di wilayah Cipendawa ini.¹

“Bagi kami sebagai PPL akan terus mendampingi setiap tugas dari petani. Mulai dari 30 sampai 40 anggota dalam satu area,” ujarnya kepada awak media.

Deni mengatakan, tugas bersama ini merupakan program dari Kementerian pertanian bersama TNI, dan termasuk penanganan di saat pandemi Covid-19.

“Jadi yang sekarang dilakukan adalah pengolahan tanah, untuk tanam jenis cabai. Yang nantinya bulan 11 akan dilakukan panen. Karena itu sudah jelas, hasilnya juga akan kontinyu. Termasuk tanam perdana yang insyaallah akan dilakukan nanti akhir Agustus,” tukasnya. (Pendim)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2020/08/07/aster-panglima-tni-tinjau-ketahanan-pangan-di-pacet-kabupaten-cianjur/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2020/08/07/aster-panglima-tni-tinjau-ketahanan-pangan-di-pacet-kabupaten-cianjur/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2020/08/07/aster-panglima-tni-tinjau-ketahanan-pangan-di-pacet-kabupaten-cianjur/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2020/08/07/aster-panglima-tni-tinjau-ketahanan-pangan-di-pacet-kabupaten-cianjur/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!