Kapolres Sekadau Hadiri Seminar Politik Menuju Pemilu yang Demokratis

SEKADAU, Polda Kalbar – Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, menghadiri kegiatan Seminar Politik bertemakan “Menuju Pemilu yang Demokratis” yang digelar di Gedung Kateketik Sekadau, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir pada Rabu (24/1/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sekadau Subandrio, S.H., M.H., Ketua KPU Fransiskus Khoman, S.Pd, Ketua Bawaslu Marikun, S.Sos, Ketua BEM ITKK Sekadau Adria Ahin, Tokoh Pemuda Kalbar Florensius Ronny, Ketua FMDKS Leonardus Resadi, Ketua HMDKS Yohanes, Ketua PMKRI Cabang Pontianak Mikael Tae, serta para pemuda dan mahasiswa.

Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama, dalam sambutannya menyampaikan, seminar politik ini memiliki makna penting sebagai momentum untuk meningkatkan pemahaman dan literasi terhadap pemilu yang demokratis.

“Indonesia sebagai negara besar memiliki Pancasila sebagai landasan dalam hidup bernegara, di mana sila keempat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Kedaulatan berada di tangan rakyat berdasarkan UUD 1945, dan untuk mewujudkan cita-cita NKRI, dukungan dari seluruh rakyat sangat diperlukan,” ucap Kapolres.

Kapolres juga mengingatkan mengenai ancaman dan gangguan yang dapat menghambat berlangsungnya pesta demokrasi pada pemilu 2024. Ancaman tersebut antara lain golput, keterlambatan logistik, politik identitas, konflik antar kontestan pemilu, serta ancaman keamanan seperti teror dan sabotase.

“Untuk mengatasi hal tersebut, semua pihak diharapkan ikut serta dalam penanggulangan dengan meningkatkan wawasan dan literasi terhadap pemilu serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa,” ajak Kapolres.

Dalam seminar ini juga terdapat materi yang disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman. Ia menjelaskan ketentuan terkait pemilih pemula sekaligus mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pemilu dengan memberikan suara mereka.

Selain itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Marikun, juga mengajak mahasiswa dan pemuda untuk berperan aktif dalam mengawasi Pemilu 2024 sehingga mampu melahirkan pemimpin yang berintegritas.

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, juga ikut menyampaikan pentingnya pendidikan politik bagi mahasiswa di Kabupaten Sekadau. Dalam seminar ini, peserta juga dibekali bagaimana memaknai partisipasi politik serta menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Melalui kegiatan ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan angka partisipasi kaum milenial dalam politik.

Seminar Politik yang digelar oleh mahasiswa dan pemuda Sekadau ini menjadi wahana bagi masyarakat untuk lebih memahami pentingnya pemilihan yang demokratis dan mendukung berlangsungnya pesta demokrasi yang adil dan damai.

Kapolres Sekadau dan berbagai tokoh yang hadir dalam acara ini berharap agar pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik, sesuai prinsip jurdil (jujur, adil, dan berintegritas), sehingga mampu melahirkan pemimpin yang dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara. (Ar)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!