Wujudkan Pemilu 2024 Yang Kondusif, Polres Bengkayang Gelar Rakor Lintas Sektoral

Bengkayang, Kalbar – Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Mantap Brata Kapuas 2023 – 2024 di Aula Tunggal Panaluan Polres Bengkayang, Senin (16/10/23).

Adapun kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Bengkayang, Wakil Ketua II DPRD Bengkayang, Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang, Plh. Kajari Bengkayang, Kepala Staf Kodim 1202 Singkawang, Dansatpom Lanud Harry Hadisoemantri Sanggau Ledo, Kepala Rutan Kelas II B Bengkayang, Kepala Bakesbangpol Kab. Bengkayang, Ketua KPU Kab. Bengkayang, Ketua Bawaslu Kab. Bengkayang, Kabid P2P DinkesKB Kab. Bengkayang, Kasubag TU Kantor Kemenag Kab. Bengkayang, Kabid Danker BPBD Kab. Bengkayang, Kepala Satpol PP Kab. Bengkayang, Ketua MABT Kab. Bengkayang, Pju Polres Bengkayang serta perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 di Kab. Bengkayang.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkayang AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. menyampaikan tujuan dari kegiatan rakor tersebut guna menyamakan persepsi, menjalin kerjasama, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara Pemda dengan Instansi terkait dan seluruh stakeholder di Kab. Bengkayang dalam mensukseskan Pemilu 2024.

Teguh juga menyatakan bahwa terkait dinamika konflik sosial yang berkembang merupakan tanggung jawab penuh Kepolisian untuk menjaga situasi kamtibmas, maka pentingnya melakukan pemetaan konflik agar bisa diminimalisir guna menciptakan kondusifitas kamtibmas.

“Tantangan dan dinamika dan kerawanan pemilu serentak di Kalimantan Barat menempati urutan ke-8 dari hasil survei Indeks Potens Kerawanan Pemilu (IKP),” terang Kapolres.

“Sedangkan daerah operasi prioritas Polda Kalbar, Kabupaten Bengkayang menempati urutan ke-4 dalam kategori sitkamtibmas dengan eskalasi pada ambang batas normal,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Strategi dalam menghadapi tahapan Pemilu 2023-2024 guna mewujudkan asas-asas pemilu sesuai Pasal 22 UU Nomor 7 Tahun 2017 yaitu pemetaan potensi gangguan, koordinasi dan monitoring bersama serta membersihkan residu pemilu.

“Adapun pemetaan potensi konflik di Kabupaten Bengkayang diantaranya perkebunan, kamtibmas dan sejarah pemilu,” pungkas Teguh.

Sementara dalam pengamanan tahapan Pemilu 2023-2024 yaitu meliputi KRYD Cooling System, Ops Mantap Brata Kapuas, Gakkumdu dan Operasi Kontijensi.

“Dalam Pemilu 2024 ini, kami kedepankan preemtif, preventif dan gakkum yang didukung sarpras serta kekuatan 2/3 personel sebanyak 336 pers meliputi orang, barang, tempat dan sasaran kegiatan,” ujar Kapolres.

Kegiatan dilanjutkan dengan Tactical Floor Game (TFG) Persiapan Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata Kapuas 2023-2024” yang diikuti oleh unsur 3 Pilar yaitu TNI-Polri dan Pemda guna memberikan gambaran serta menyamakan persepsi, pola pikir dan tindakan saat kontijensi terjadi.

Setelah itu, dilaksanakan kegiatan Latihan Simulasi Sispam Kota dalam rangka persiapan Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata Kapuas 2023-2024” di Wilkum Polres Bengkayang yang diikuti oleh gabungan Personel Polres dan Polsek Jajaran serta instansi terkait yang digelar di Halaman Mapolres Bengkayang.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!