Kapolsek Cempaga Terjun Langsung Padamkan Karhutla di Desa Cempaka Mulia Timur

Polres Kotim – Salah satu bencana yang memiliki indeks resiko tertinggi adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memiliki indeks resiko tertinggi.Menyikapi hal tersebut Polsek Cempaga Polres Kotim (Kotawaringin Timur) Polda Kalteng melaksanakan patroli dan Ground Check titik api kebakaran hutan dan lahan di Desa Cempaka Mulia Timur Kec.Cempaga Kab.Kotim Prov. Kalteng, Rabu (4/10/2023) sore.

Dengan dipimpin oleh Kapolsek Cempaga Iptu M.Rochim Personil Polsek Cempaga melaksanakan Ground Check Titik Hotspot pada titik kordinat Latitude: -2.25589°- Longitute : 113.13976°, Waktu Akusisi : Rabu 04 Oktober 2023, Tingkat Kepercayaan (TK) : Medium, Sumber : NASA-SNPP, lokasi Desa Cempaka Mulia Timur Kec.Cempaga Kab.Kotim Prov.Kalteng.

Tindakan selanjutnya petugas gabungan yang terdiri dari Personel Polsek Cempaga, Aparatur Desa Cempaka Mulia Timur, Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan dipimpin langsung oleh Kapolsek Cempaga Iptu M.Rochim,S.Sos melakukan pemadaman terhadap areal yang terbakar dengan mengunakan 1 unit Mesin Alkon dan perlengkapan lainnya sehingga api dapat dipadamkan namun sampai saat ini lahan masih mengeluarkan asap dan perlu pendinginan, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa kendala antara lain Tekstur tanah berupa tanah gambut kering, Gambut yang terbakar berada di bawah permukaan tanah, Sumber air terbatas sehingga pemadaman kurang maksimal dan memerkukan waktu telatif lama.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani,S.I.K.,M.M melalui Kapolsek Cempaga Iptu M.Rochim,S.Sos mengatakan bahwa petugas gabungan disamping melaksanakan Ground Check Titik Hotspot juga melakukan pemadaman pada areal yang terbakar bersama Tim gabungan TNI, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan sampai saat ini lokasi kebakaran masih mengeluarkan asap sehingga perlu pendinginan agar kebakaran tidak meluas dan menimbulan asap.

“Saat ini masih musim kemarau dan ada fenomena elnino serta faktor alam yaitu kondisi lahan mineral sedikit gambut, lahan dan rumput serta dahan sudah mengering sehingga mudah terbakar, kami mengajak masyarakat Kec.Cempaga untuk bersama-sama dalam mencegah terjadinya Karhutla,” Tutur Kapolsek Cempaga Iptu M.Rochim,S.Sos. (hms_spt)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!