Kapolres Ciamis Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke-78 Tingkat Kodim 0613/Ciamis

CIAMIS ~ Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., menghadiri acara peringatan HUT TNI ke-78 tingkat Kodim 0613/Ciamis. Acara tersebut berlangsung di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).

Dalam acara tersebut, Kapolres Ciamis Polda Jabar turut berada di area VVIP. Tampak terlihat Kapolres Banjar, Bupati Ciamis, Wali Kota Banjar, Ketua DPRD Ciamis dan Kota Banjar berdiri bersama mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-78. Sedangkan selaku inspektur upacara diemban oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol. dan komandan upacara yakni Kapten Inf Agus Krtistiatmojo.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., mengatakan, kehadirannya merupakan salah satu bentuk dan wujud nyata soliditas TNI-Polri dan Pemerintah di Kabupaten Ciamis. Polri selalu mendukung dan berkolaborasi bersama, khususnya dalam menjaga keamanan dan pertahanan bangsa terutama di wilayah hukum Polres Ciamis Polda Jabar.

“Selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-78, semoga solidotas dan kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan. Soliditas ini untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, tujuan di adakan nya upacara ini yaitu untuk mengingat kepada seluruh masyarakat Indonesia, bahwa TNI di Indonesia masih ada dan tetap kokoh bersama Rakyat.

“TNI sebagai benteng pertahanan negara garda terdepan, karna TNI akan kuat dan berdiri kokoh bersama Rakyat,” ucap Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Komandan Kodim 0613/Ciamis turut membacakan amanat Panglima TNI. TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

“Di lingkup nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks. Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh,” ucap Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi membacakan amanat Panglima TNI.

Para peserta upacara yang saya hormati,
Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah: yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

“Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” tuturnya.

Ciamis, Kapolres Ciamis, Polda Jabar.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!