Cegah Pelanggaran Anggota, Sie Propam Polres Purwakarta Gelar Gaktibplin

PURWAKARTA – Operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) di Mapolres Purwakarta, digelar Seksi Profesi dan Pengamanan (Sie Propam) Polres Purwakarta, Pada Rabu, 27 September 2023.

Sasaran Operasi Gaktibplin tersebut di antaranya sikap tampang personel, seragam dinas Polri (gampol), identitas diri, tes urine, surat-surat kendaraan, hingga pengecekan senjata api (senpi).

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasi Propam, AKP Atik Sakron mengatakan, Gaktibplin ini merupakan bentuk fungsi pembinaan dan pengawasan bagi seluruh anggota Polres Purwakarta dengan tujuan mencegah terjadinya penyimpangan perilaku yang dilakukan anggota yang dapat mencoreng nama baik Polri di mata masyarakat.

“Gaktibplin ini dalam rangka meningkatkan kedisiplinan personel Polres Purwakarta dan Polsek jajaran, yang mana anggota Polri itu merupakan pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat,” ucap Pria yang akrab disapa Atik itu, pada Rabu, 27 September 2023.

Atik menekankan, kepada seluruh personel Polres dan Polsek Jajaran untuk tidak membuat pelanggaran sekecil apapun.

“Untuk itu kepada anggota Polres Purwakarta agar menghindari hal-hal yang dapat merusak dan melanggar aturan, apa lagi yang berkaitan dengan kedisiplinan dan pidana,” ujar Atik.

Atik menyebut dengan adanya kegiatan operasi Gaktibplin seperti ini dapat meminimalisir pelanggaran yang terjadi pada anggota Polres Purwakarta dan Polsek jajaran.

“Tertibkan dulu diri sendiri baru kita bisa menertibkan ke masyarakat, karena Polri adalah aparat pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat, maka harus bisa menjadi contoh yang baik kepada masyarakat.” ucap Atik.

Selain itu, kata dia, juga untuk mencegah pelanggaran kode etik dan tindak pidana. Sebab selain merugikan diri sendiri, keluarga dan tentunya merugikan institusi Kepolisian.

“Agar tetap menjaga etika sebagai anggota Polri jangan melakukan penyimpangan dan pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri di lingkungan Masyarakat,” ujar Atik.

Purwakarta, Rabu, 27 September 2023

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!