Ditengah Kepungan Asap dan Hawa Panas, Satgas Karhutla Polres Kotim Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Baamang

Polres Kotim – Salah satu bencana yang memiliki indeks resiko tertinggi adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).Menyikapi hal tersebut Satgas Karhutla Polres Kotim (Kotawaringin Timur) Polda Kalteng melaksanakan patroli dan monitoring lapangan titik api kebakaran hutan dan lahan di beberapa lokasi wilayah Kecamatan Baamang Kab.Kotim Kalteng.

Dalam kegiatan tersebut Personil Poslap Baamang Polres Kotim melakukan Ground Check Titik Hotspot di Kelurahan Baamang Barat Kec.Baamang di Jalan WMP Lingkar Utara dengan Jarak areal kurang lebih 3 Km dari Polsek Baamang ke Jalan WMP Lingkar Utara dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua dan jalan kaki menuju ke lokasi. Saat Personil Poslap melakukan pengecekan Titik Hotspot di temukan lahan yang terbakar dan personil poslap melakukan pemadaman beserta TIM BPBD dan MPA (Masyarakat peduli api) Keluran Baamang Barat selama 3 hari berturut-turut dari hari sabtu sampai dengan saat ini lahan masih mengeluarkan asap di karena kan lahan gambut hingga saat ini personil Polsek Baamang beserta Personil Polres Kotim, BPBD, dan MPA masih melakukan proses pemadaman di lokasi, lokasi yg terbakar saat ini kurang lebih seluas 10-15 Ha, Minggu (13 Agustus 2023) sore.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani,S.I.K.,M.M mengatakan bahwa petugas gabungan disamping melaksanakan Ground Check Titik Hotspot juga melakukan pemadaman pada areal yang terbakar bersama TIM BPBD dan MPA (Masyarakat peduli api).

“Saat ini masih musim kemarau dan ada fenomena elnino yang bisa berdampak negatif di saat kemarau khususnya di wilayah Kotim, kami mengajak masyarakat Kotim untuk bersama-sama dalam mencegah terjadinya Karhutla,” Tuturnya. (hms_spt)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!