Kapolres Sekadau Pimpin Aksi Bersih Bantaran Sungai Kapuas

SEKADAU, Polda Kalbar – Polres Sekadau bersama instansi terkait serta partisipasi dari ormas, pelajar dan pedagang, melaksanakan aksi bersih bantaran sungai Kapuas di Pasar Sekadau, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir pada Kamis (13/7/2023) pagi.

Kegiatan sosial ini merupakan program yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran Polri.

Memimpin kegiatan, Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dan menciptakan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sungai Kapuas.

Bukan hanya melibatkan aparat kepolisian, kegiatan ini juga melibatkan TNI dari Koramil Sekadau Hilir, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan, BPBD, Dinas Perhubungan, organisasi masyarakat dari PJNU, POM dan OMK, serta pelajar dan pedagang di pasar.

“Semua pihak bersinergi dan bekerjasama dalam membersihkan dan membuang sampah yang ada di bantaran sungai Kapuas,” ucap Kapolres yang ikut turun langsung membersihkan bantaran sungai Kapuas.

AKBP Suyono menuturkan, kegiatan sosial ini dimulai pada pukul 08.00 WIB pagi, diawali dengan apel bersama di depan Star Market Sekadau. Selanjutnya, dilakukan pembagian tugas menjadi dua tim.

Tim pertama dipimpin oleh Kapolsek Sekadau Hilir, IPTU Kuswiyanto, membersihkan sampah dari arah steher hingga ke Pasar Hulu. Sementara itu, tim kedua dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Sekadau, AKP Masdar, untuk membersihkan sampah dari arah steher hingga pasar Flamboyan.

“Selain melakukan kegiatan langsung, juga dipasang papan himbauan yang memberikan larangan untuk membuang sampah di bantaran sungai. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sungai Kapuas,” ujar Kapolres.

Dengan adanya aksi bersih sungai Kapuas ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, khususnya sungai sebagai sumber air bersih dan habitat bagi berbagai flora dan fauna.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh yang menginspirasi dan mendorong partisipasi aktif semua pihak dalam menjaga kebersihan lingkungan,” harap Kapolres. (Cs)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!