Polres Sekadau Gelar FGD Lintas Sektoral Bahas Pencegahan Konflik Sosial

SEKADAU, Polda Kalbar – Polres Sekadau mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Lintas Sektoral dengan mengangkat tema “Mencegah Konflik Sosial Melalui Kerja Sama Lintas Sektoral Guna Mewujudkan Kabupaten Sekadau Yang Aman Dalam Rangka Memelihara Kamtibmas”, Selasa (13/6/2023) pagi.

FGD digelar di aula Hotel Vinca Borneo, dan dihadiri oleh Kapolres Sekadau AKBP Suyono, S.I.K., S.H., M.H, Wakil Bupati Sekadau Subandrio, S.H., M.H, Dandim 1204 Sanggau/Sekadau, Letkol. Inf Putra Andika Trihatmoko, Kaban Kesbangpol Sekadau Drs. Sapto Utomo, M.Si, para Kapolsek jajaran, Danramil jajaran, Perwakilan Kades Kabupaten Sekadau, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama se Kabupaten Sekadau.

Pada giat ini, Polres Sekadau menghadirkan Dosen FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof. Dr. Chairil Effendy, M.S., sebagai narasumber, yang memaparkan terkait perubahan dan perkembangan situasi sosial yang mendunia, berikut ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang mungkin ditimbulkan dari adanya perubahan sosial.

Profesor Chairil menekankan bahwa kerjasama pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan dalam mencegah konflik sosial baik secara struktural maupun kultural.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, mengatakan, FGD digelar dalam rangka sinergi pemeliharaan situasi Kamtibmas dan upaya pencegahan konflik di Kabupaten Sekadau jelang pelaksanaan Pemilu.

Kapolres memaparkan, Konflik Sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan. Dasar hukum penangangan konflik sosial sudah diatur dalam Undang-Undang, ada pada Permendagri, Permenhan maupun PP.

Kapolres berharap konflik sosial dapat dicegah dengan memelihara kondisi damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik dan membangun sistem peringatan dini.

“Bahwa kedepan kita akan menghadapi situasi Pemilu, kita berharap tidak ada terjadi konflik sosial di wilayah kita karena sudah berbagai upaya kita lakukan dalam bersinergi dan berkoordinasi,” papar Kapolres.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar stakeholders dan narasumber, serta acara lanjutan dan selesai pada pukul 13.00 WIB. (Cs)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!