Munggahan Sebelum Ramadhan dengan Goess Bareng

Polres Banjar – kegiatan tradisi munggahan atau papajar sudah menjadi tradisi di Jawa barat atau tatar sunda bagi yang beragaman Muslim.

Dimana menjelang bulan suci Ramadhan biasanya dilakukan dengan cara makan bersama kumpul bareng-bareng sanak saudara, handau taulan, teman dekat atau keluarga.

Namun, ada yang berbeda dengan yang dilakukan oleh jajaran Polres Banjar, Polda Jabar pada saat papajar tahun 2023 ini,

Dipimpin langsung Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H., S.I.K., M.M. kegiatan tradisi munggahan tahun ini diisi dengan Gowes (bersepeda) bareng jajaran Polres Banjar.

“Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, tradisi munggahan kami isi dengan Gowes. Selain menjaga kekompakan gowes ini juga untuk menjaga kebugaran,” Ujarnya Kapolres, Rabu (22/3/2023).

Untuk rute, jarak yang ditempuh sejauh 25 kilometer diawali dari Mapolres Banjar kemudian masuk jalur kota hingga jalur pelosok desa dan kembali finish di halaman Mapolres Banjar.

Dalam perjalanan, para peserta gowes juga memberikan santunan kepada kaum dhuafa. Hal ini dilakukan untuk berbagi sekaligus membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Usai finish dilanjutkan dengan doa bersama, bersalaman dan saling memaafkan kemudian makan nasi liwet bersama.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!