Satu Desa Terisolir Akibat Akses Jalan Tertutup Material Longsor Di Kuningan

Polres Kuningan _ Polres Kuningan Polda jawa barat, Jajaran Polres Kuningan monitoring tebing yang longsor akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kuningan, Jawa Barat, mengakibatkan tebing penahan tanah (TPT) setinggi 15 meter di Desa Situsari, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, longsor.

Kapolres Kuningan, AKBP Dhany Aryanda mengatakan, Akibatnya satu desa terisolir akibat jalan utama menuju desa tertutup material longsor. Hingga sore ini, Kamis (9/3/2023), petugas dari TNI, Polri, dan warga masih berupaya membersihkan material longsor secara manual dan menggunakan alat berat.

Besar dan kerasnya material longsor, menjadi kendala petugas dalam mengevakuasi material longsor,” Kata Kapolres AKBP Dhany Aryanda.

Menurut Kapolsek Darma, AKP Sutarja Fahrudin, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada malam hari, akibat hujan yang terus mengguyur wilayah tersebut.

“Kejadiannya sekitar pukul 22.00WIB dari ketinggian sekitar 15 meter sehingga menimpa jalan utama menuju Desa Situsari,” ungkapnya.

Akibat dari peristiwa tersebut, satu desa di Kecamatan Darma terisolir, karena akses jalan utama tertutup material longsor.

“Akibatnya masyarakat terisolir, tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, karena material ini bukan tanah, tapi batu coran,” ujarnya.

Tambah Kapolres, AKBP Dhany Aryanda, material longsor tersebut bukan tanah, sehingga menyulitkan petugas untuk membersihkan material yang menutup jalan utama.

“Kendalanya, material longsornya bukan tanah, tapi batu coran yang cukup keras, sehingga sulit untuk dibersihkan, kita sudah pakai alat berat juga,” tambahnya.

“Lanjut Kapolres, AKBP Dhany Aryanda, hingga saat ini warga masih terisolir, sehingga kendaraan warga tidak dapat melintas.

“Sampai saat ini warga masih terisolir, tapi untuk jalan kaki bisa, namun jalannya cukup ekstrim karena masih banyak batu-batuan yang menutup jalan, jadi satu desa terisolir,” lanjutnya.

Selain menutup akses jalan, longsor tersebut mengancam rumah milik warga yang tepat berada disamping lokasi longsor.

“Ada satu rumah yang terancam, karena khawatir akan ada longsor susulan,” jelasnya.

Saat ini, pemilik rumah tersebut telah dievakuasi untuk menghindari adanya longsor susulan, Pungkas Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda melalui Kasi Humas Polres Kuningan Polda Jabar IPDA Endar Kuswanadi kepada awak media.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!