Pembangunan Breakwater dan Groin Diresmikan Bupati Indramayu di Pesisir Pantai Dadap

Indramayu,-GemilangNews.com- Bupati Indramayu Nina Agustina meresmikan pembangunan Breakwater dan Groin di wilayah pesisir Pantai Kecamatan Juntinyuat dan Kecamatan Krangkeng di Pantai Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kamis (9/3/2023).

Dalam peresmian ini juga dihadiri Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Kepala BBWS Cimancis serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Kepala BBWS Cimancis, Dwi Agus Kuncoro mengatakan, pihaknya bersama pemerintah daerah hadir untuk melayani masyarakat, termasuk melayani keluh kesah warga. Salah satunya adalah upaya membangun Breakwater dan Groin disekitar pantai Dadap yang kini sudah selesai pembangunannya.

“Kami ditugaskan untuk melayani masyarakat pada sungai dan pantai serta air baku. Mohon dukungannya dan kami siap membantu program-program pemerintah daerah,” katanya.

Semetara itu Anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi menyebutkan, Indramayu memiliki wilayah pesisir pantai yang sangat panjang yaitu 147 Km. Ada yang menjorok maju dan ada yang masuk kedalam karena abrasi, salah satunya adalah Desa Dadap.

Diharapkan dengan dengan dibangunnya breakwater, selain memberikan manfaat menanggulangi gelombang tinggi yang mengakibatkan abrasi, di satu sisi lain menjadi destinasi wisata.

“Tahun 2021 saya bawa program untuk membangun Breakwater ini, dan hari ini akan diresmikan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi Wisata Desa,” ujarnya

Dewa sapaan akrab Dedi Wahidi mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang dibangun antara BBWS Cimancis, Komisi V DPR RI serta Pemerintah Daerah, sehingga semua pekerjaan-pekerjaan dapat berjalan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada BBWS Cimanuk Cisanggarung yang selalu sinergi dengan saya selaku mitranya sehingga dapat berjalannya pekerjaan-pekerjaan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya

Pada kesempatan ini Bupati Indramayu, Nina Agustina sangat mengapresiasi terhadap Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Anggota Komisi V DPR RI yang telah merealisasikan progam pembangunan Breakwater dan groin di Pesisir Wilayah Indramayu.

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih banyak kepada Kementerian PUPR melalui BBWS Cimancis serta Anggota DPR RI Komisi V, semuanya bisa terealisasi,” ujarnya

Nina Agustina menambahkan, pembangunan-pembangunan ini merupakan wujud sinergitas luar biasa yang telah dibangun baik antara Pemerintah Pusat, DPR RI dan Pemerintah Daerah.

“Untuk itu kita semua harus bangga dengan apa yang dilakukan Kementerian PUPR dalam hal ini BBWS, karena dengan kolaborasi baik maka akan menghasilkan sebuah pembangunan yang mampu memajukan daerah dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga memperhatikan tingkat kesehatan masyarakat Desa Dadap dengan memberi hibah pemasangan gratis instalasi PDAM sebanyak 500 sambungan rumah.

”Ada juga perbaikan jalan sejauh 6 Km yaitu ruas jalan Karangampel – Junti Kebon,” sambungnya

Bupati Indramayu berharap, pembangunan Breakwater di pesisir wilayah Indramayu dapat mengurangi abrasi sepanjang garis pantai, menahan transport sedimen sepanjang pantai untuk mengurangi erosi, melindungi area tambak ikan, tambak garam, area sawah dan rumah-rumah warga.

”Diharapkan dapat mengurangi abrasi sepanjang garis pantai, menahan transport sedimen sepanjang pantai untuk mengurangi erosi, melindungi area tambak ikan, tambak garam, area sawah dan rumah-rumah warga,” harapnya.

Selain itu, Bupati Indramayu menyebutkan program rutilahu tahun anggaran 2023 untuk Kecamatan Juntinyuat, di Desa Junti Kedokan sebanyak 20 unit rumah.

Peresmian pembangunan Breakwater dan groin di 4 lokasi pantai yaitu pembangunan breakwater blok Dermaga Desa Dadap Kecamataan Juntinyuat, pembangunan breakwater di Kecamatan krangkeng, Pembangunan pengaman pantai Dadap blok timur di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat (tahap II) serta, Pembangunan groin pantai Glayem Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat.

Kepala Desa Dadap, Asrikin mengatakan, selaku penerima manfaat, dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Indramayu dan juga Anggota Komisi V DPR RI yang sudah mengusahakan untuk kesejahteraan bagi masyarakat Desa Dadap.

“Kami selaku Desa Penerima Manfaat mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati, juga Anggota Komisi V DPR RI yang sudah mengusahakan untuk kesejahteraan masyarakat Dadap,” pungkasnya.

Penulis- Margo/Suwinda

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!