Bagikan Helm dan Cinderamata Gratis, Polisi di Karawang Diserbu Ribuan Siswa

Karawang – Kala perwira polisi ikut datangi sekolahz ribuan siswa antusias berebut foto dan bersalaman, tujuannya datang ke sekolah tak lain untuk menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban, dan keselamatan lalu lintas.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, ia mendatangi SMKN 2 Karawang dalam rangka sosialisasi operasi keselamatan lodaya.

“Kita sedang sosialisasi keselamatan lodaya, pentingnya anak-anak atau siswa usia remaja ini mengetahui aturan berkendara. Karena kebanyakan dari mereka mayoritas sudah memiliki kendaraan atau sepeda motor pribadi,” ujar Wirdhanto usai acara sosialisasi di SMKN 2 Karawang, Rabu (15/2/2023).

Ia menuturkan edukasi tertib lalu lintas itu dilakukan dengan metode penampilan kesenian atau Art Policing, dan memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba, selain itu siswa-siswi yang hadir juga dapat helm dan berbagai hadiah lain yang diberikan polisi sebagai imbalan dari karya seni mereka.

“Alhamdulillah 1.700 siswa hadir di sini, kami menyampaikan edukasi tertib lalu lintas ini dengan metode art policing. Dimana para siswa bisa bermain sambil menggambar tentang edukasi lalu lintas, dan kami berikan hadiah sebagai cindera mata atas karya seni mereka,” kata dia.

Dengan adanya kegiatan edukasi tersebut, Wirdhanto berharap, para orang tua bisa membatasi dan mengedukasi anaknya dalam berkendara. Jika belum memiliki surat izin mengendara (SIM) ia mengimbau, agar para siswa sebaiknya diantar atau naik angkutan umum ke sekolah.

“Mayoritas siswa ini belum memiliki SIM, jadi kami mengimbau agar tidak mengendara. Kami juga imbau orang tua siswa untuk mengantar anaknya, dan turut serta menjaga anaknya baik di lingkungan luar sekolah maupun di rumah,” imbuhnya.

Terpisah, Siswi kelas XI SMKN 2 Karawang, Leny (17) mengaku, dirinya tak menyangka akan jadi salah satu penerima helm gratis dalam acara sosialisasi tersebut.

“Alhamdulillah punya helm gratis, saya tadi menggambar sketss polwan yang mengatur lalu lintas,” ujar Leny.

Hadiah helm gratis yang didapatkannya merupakan hasil dari menggambar bertema edukasi lalu lintas, ia juga mengaku dengan adanya giat sosialisasi menjadi tahu bahwa, tugas polisi bukan hanya sekedar menjadi penjaga keamanan di kantor polisi.

“Tugas polisi ternyata lebih banyak, dan kami juga tak menyangka bapak-bapak polisi yang kesini ternyata baik dan ramah. Tidak galak seperti yang dibayangkan,” ucapnya.

Leny mengaku, dirinya juga bercita-cita ingin menjadi seorang Polisi Wanita (Polwan) kelak ia lulus nanti. Sebab ia menganggap menjadi seorang polisi menjadi kebanggan tersendiri.

“Saya yang pasti setelah kegiatan ini, jadi paham banget pentingnya polisi. Makannya itu kalau sudah lulus nanti, cita-cita saya juga pengen jadi Polwan. Terimakasih pak Kapolri semoga dikabulkan yah,” pungkasnya.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!