PROBLEM SOLVING, BHABINKAMTIBMAS DESA SUKAMERTA MEDIASI MASALAH PEMUKULAN

GemilangNews KARAWANG – POLRES KARAWANG, Bhabinkamtibmas merupakan personil kepolisian yang paling dekat dengan masyarakat. Merekalah yang menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, menyampaikan program kepolisian, menyelesaikan masalah warga binaannya (Problem Solving) dan kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut Bhabikamtibmas Desa Sukamerta Polsek Rawamerta Polres Karawang Polda Jabar Bripka Halim menyelesaikan (problem solving) masalah permukulan yang berada di Desa Panyingkiran Kec. Rawamerta Kab. Karawang. Kamis (02/02/23) malam

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Sukamerta Bripka Halim memanggil kedua pihak di ruang reskrim Polsek Rawamerta dengan cara musyawarah. Kedua belah pihak menyadari bahwa kejadian tersebut sudah dipicu dengan kesalahpahaman dan kedua belah pihak melakukan upaya damai dan saling memaafkan. Sehingga bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan kepada kedua belah pihak agar tidak mengulangi lagi perbuatan ini.

Secara terpisah, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono SIk,MSi mengungkapkan bahwa sebagai anggota Bhabinkantibmas, selain tugas sambang rutin juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini ganguan kamtibmas wilayahnya.

Disamping itu juga harus memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan setiap kejadian yang ada di wilayah binaannya. “Tentunya hasil kesepakatam ini dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bermasalah tanpa melalui peradilan sebagai wujud memberikan pengayoman dan rasa keadilandan sesuai dengan instruksi dari Kapolri Jenderal polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si mengedepankan Restorative justice. Dengan demikian dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri,” Ungkap Kapolres Karawang

Polripresisi

polreskarawang

polsekrawamerta

PolisiPenolongMasyarakat

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!