Sudah Rasakan Manfaatnya, Sumarji Ajak Masyarakat Jadi Peserta JKN

Lampung Utara-Gemilangnews.com- Seiring dengan bertambahnya usia tubuh akan lebih rentan terserang berbagai penyakit, untuk itu menjaga pola hidup sehat adalah hal mutlak yang harus dilakukan agar tubuh senantiasa bugar hingga tua. Namun terkadang penyakit bisa datang kapan saja tanpa diduga sehingga memiliki jaminan kesehatan dinilai sangat penting sebagai bentuk perlindungan diri dan keluarga.

Besarnya manfaat Program JKN telah dirasakan oleh jutaan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah Sumarji warga Sribasuki, Kotabumi yang saat ini tengah mendampingi istrinya menjalani perawatan intensif di RSD Mayjend. HM. Ryacudu Kotabumi karena penyakit yang dideritanya.

“Istri saya, Hasanah tiba-tiba sesak napas pada malam Kamis. Karena istri saya mulai lemas makanya kami langsung membawa ke IGD rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama malam itu juga. Kami sangat khawatir,” ujar Sumarji.

Sesampainya di rumah sakit sang istri langsung ditangani oleh dokter dan dinyatakan harus menjalani rawat inap agar dapat mendapatkan perawatan intensif mengingat kondisinya yang tidak begitu baik. Mendengar hal ini Sumarji hanya bisa pasrah, baginya tidak ada yang lebih penting dari kesehatan istrinya sehingga apapun saran dokter akan ia ikuti. Beruntung ia memiliki JKN sehingga tidak perlu memikirkan biaya rumah sakit karena telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Walaupun kami ini peserta PBI tapi istri saya tetap ditangani dengan baik, dokter dan perawatnya ramah semua. Sampai sekarang sih saya tidak dikenakan biaya apa-apa, pengambilan obat di apotek juga gratis. Menurut saya pelayanan di rumah sakit ini sudah lumayan baik,” lanjutnya.

Sumarji mengaku sudah beberapa kali menggunakan JKN dalam mengakses layanan di fasilitas kesehatan dan tidak pernah menghadapi kendala dalam prosesnya.

“Saya masih antre tapi tidak terlalu panjang seperti dulu, sudah ada perbaikan lah dari segi administrasi. Saya selalu menganjurkan keluarga dan tetangga untuk menjadi Peserta JKN, jika tidak mampu seperti saya bisa mengurus PBI di Dinas Sosial. Sakit itu mahal sekali, sekali berobat pasti akan terasa beratnya apalagi kalau sampai opname seperti ini. Untung ada JKN yang menanggung pengobatan istri, jika tidak entah bagaimana saya membayar tagihan RS,” tambah Sumarji.

Besar harapan Sumarji Program JKN akan terus berlangsung kedepannya. Manfaat Program JKN yang nyata ini telah ia buktikan sendiri dan Sumarji berharap akan terus ada peningkatan mutu layanan kesehatan sehingga tidak ada lagi keraguan di hati masyarakat untuk segera mendaftarkan diri menjadi Peserta JKN.(mht)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!