Pemdes Lewigede Lakukan Pencarian Sejarah Balong Ki Buyut Darpa

Indramayu,-GemlangNews.com- Sejarah balong kuno pada jaman dahulu kala yang di bangun oleh ki Buyut Darpa diwaktu tahun Seribu Tujuh Ratus (1.700) pada hari kamis 21/7/2022 dilakukan nya penggalian, Lebih tepatnya akan dilakukan pencarian guna melanjutkan menjaga peninggalan sesepuh ki buyut.

Kegiatan tersebut beralamat di Desa Leuwigede, Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa barat.

Menurut ustad Abdul Jamal ketika diwawancarai awak media GemialngNews.com dirinya menerangkan, Sejarah itu berumur sangat kuno atau tua. Sehingga patut untuk menjaga peninggalan para sesepuh.

“Umur nya ki buyut darpa sudah ada sekitar Tigaratus (300 tahun),”katanya kepada awak media GemilangNews.com .

Selain itu kuwu Leuwigede, Evi fatmawati juga menjelaskan, Bahwa di area Tempat Pemakaman Umum (TPU) ki buyut darpa terdapat makam sesepuh lain nya seperti Makam Habib Salim Bin Yusuf Bin Jindan.

“Makam habib salim diketahui pada Tanggal 4-September-2021, Kami tidak sengaja melakukan penelurusan berama jama’ah JEJAK JENENG dengan dilakukan nya Sepiritual seperti, Dzikir dan berdoa kepada Allah Swt.”Jelasnya kuwu evi.

Ustad Abdul Jamal bersama kuwu Leuwigede bserta perangkap desanya mengatakan, Jejak jeneng mengartikan Peninggalan Makam dengan jumlah Jama’ah Empat Puluh (40) Jama’ah yang tergabung bersama Jama’ah Miftahus’surur.

“Kami sengaja menggabungkan Dua (2) jama’ah guna menambah dan menjalin silaturahmi diantara satu sama lain, Oleh karena itu diharapkan bisa bersama sama menjaga peninggalan sejarah para sesepuh yang ada diwilayah kita ini.”Harapnya Kuwu Evi Fatmawati didampingi perengkap desanya juga Ustad Abdul Jamal.

Penulis- Didi saputra
Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!