Meskipun Indramayu Hilir Sungai Cimanuk, Bupati Nina Agustina Minta Seluruh Perangkatnya Siaga dan Waspada

Indramayu,-GemilangNews.com- Hujan deras mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Indramayu dalam waktu Delapan Belas (18) Jam terakhir sejak dini hari hingga siang, Sabtu, 16 Juli 2022.

Dalam perkembangan yang sama, Kabupaten Garut dilanda banjir besar. Pemkab setempat menyebut sedikitnya delapan (8) kecamatan di Kabupaten Garut diterjang banjir.

Diantaranya yakni: kecamatan Cikajang, Bayongbong, Cilawu, Garut Kota, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Karangpawitan, dan Cibatu.

Menyikapi peristiwa tersebut, Bupati Indramayu, Nina Agustina meminta seluruh perangkatnya agar siaga.
Perintah siaga ini dikeluarkan Nina Agustina karena Kabupaten Indramayu dilalui Sungai Cimanuk yang berhulu di Kabupaten Garut.

“Meski informasi dari Bendung Rentang debit normal, namun saya perintahkan seluruh perangkat agar siaga,” tegas Nina, Sabtu, 16 Juli 2022.

Nina mengatakan, sampai ini ia terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh pihak, diantaranya adalah satuan kerja pemerintah kabupaten lain.

Saya juga berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk menentukan langkah antisipasi karena hujan diperkirakan akan terus mengguyur wilayah Indramayu,” jelas Nina.

Upaya koordinasi dan antisipasi dilakukan Nina agar seluruh perangkatnya siap siaga jika kemungkinan buruk terjadi.

Masih lanjutnya Bupati Nina Agustina, Kondisi itu, dikaitkan dengan banjir besar yang melanda Kabupaten Garut saat ini.

“Hulu Sungai Cimanuk itu ada di Kabupaten Garut dan hilirnya di wilayah Indramayu. Itu artinya kita harus tetap waspada,” Tegasnya.

Tak hanya sungai cimanuk yang dilintasi air, wilayah lain di Kabupaten Indramayu juga diminta Nina untuk ikut merespon kondisi cuaca.

Nina meminta perangkatnya mulai dari kecamatan hingga desa, agar melakukan kegiatan bersih-bersih sungai untuk mengantisipasi terjadinya luapan air karena penyumbatan.

“Ajak masyarakat ikut memerhatikan kondisi sungai-sungai dan irigasi di semua wilayah. Jangan buang sampah di sungai atau saluran dan irigasi, jika ada penyumbatan sampah segera dibersihkan,” pintanya Nina.

Penulis- Didi saputra

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!