Kadis DLH Ajak PD dan Stakeholder, Sosialisasikan Perayaan Idul Adha Bebas Plastik

Indramayu,-GemilangNews.com- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu Aep Surahman meminta, sejumlah Perangkat Daerah (PD) dan stakeholder terkait untuk turut mensosialisasikan ketika penyaluran daging kurban tidak menggunakan kantong plastik pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M.

Hal ini dikatakan Kepala DLH Kabupaten Indramayu Aep Surahman ketika memimpin rapat koordinasi terkait perayaan Idul Adha 1443 H/2022 M, tanpa sampah plastik bersama perwakilan PD dan stakeholder terkait, di Ruang Rapat DLH Kabupaten Indramayu, Pada hari Jum’at (8/7/2022).

Disampaikan Kepala DLH Kabupaten Indramayu Aep Surahman, penyaluran daging hewan kurban tanpa menggunakan kantong plastik ini menjadi keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar agar pasca perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H/ 2022 M. ini tidak ada penumpukan sampah plastik.

“Sebagaimana keinginan Bupati Nina Agustina para panitia nanti ketika menyalurkan daging kurban tidak memakai kantong plastik sekali pakai, karena selain menimbulkan penumpukan sampah plastik secara signifikan juga ditakutkan merusak kualitas daging,” katanya.

Menurutnya, panitia kurban dalam menyalurkan daging kurban bisa menggunakan daun jati, daun pisang, besek bambu, besek daun pandan, besek daun kelapa maupun wadah makanan.

“Mari kita berkurban dengan menggunakan wadah yang ramah lingkungan,” tambahnya.

Selain itu pula, selain plastik juga koran bekas sama halnya dilarang untuk bungkus daging kurban maupun makanan. Hal ini jelas Aep, kertas koran mengandung limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

“Jangan juga memakai kertas koran untuk membungkus daging atau makanan, karena jika kita lihat dengan seksama kertas koran itu terdapat tinta dan masuk limbah B3 yang dapat berpengaruh terhadap Kesehatan kita. Untuk itu kita ajak dan sosialisasikan supaya untuk para panitia kurban nanti ketika membungkus daging kurban pakailah yang ramah lingkungan,”tutupnya.

Penulis- Didi saputra

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!