Jelang Idul Adha, Bhabinkamtibmas Polsek Baros Polresta Serkot Sambangi Pedagang Hewan Ternak

SERANG.KOTA-GemilangNews.Com,- Guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, jajaran Polsek Baros Polresta Serkot Polda Banten terus melakukan pengawasan hewan ternak dengan melakukan sidak dan pemantauan disejumlah peternak dan pedagang hewan qurban.

Pemantauan kepada para pedagang hewan qurban ini salah satunya dilakukan oleh anggota Polsek Baros Polresta Serkot Polda Banten, Kamis (30/6/2022).

Kepada masyarakat baik penjual ataupun pembeli, petugas berpesan agar selalu menjaga kesehatan hewan ternak yaitu dengan menjaga kebersihan serta melakukan penyemprotan kandang dengan disinfektan.

Kapolsek Baros AKP L Wahyu Bintarna S.IP menyampaikan, bahwa kehadiran anggota dilapangan selain untuk memastikan keamanan warga, juga untuk menghimbau warga khususnya para peternak dan pedagang hewan agar waspada terhadap penyebaran virus PMK.

Meski sampai saat ini di wilayah Kecamatan Baros belum ditemukan kasus PMK, pihaknya berkomitmen bersama dinas terkait akan terus memantau perkembangan situasi. Sehingga kasus tersebut tidak menyebar di wilayah Kecamatan Baros.

“Kami akan terus bersinergi dengan dinas terkait untuk antisipasi penyebaran PMK namun demikian diharapkan keaktifan warga untuk menjaga hewan ternak masing masing,” ucap AKP Wahyu.

Kapolsek Baros menambahkan, sejak merebaknya kasus PMK di beberapa wilayah. Pihaknya sudah memerintahkan anggotanya bersinergi dengan para Bhabinkamtibmas untuk rutin melakukan pengecekan, baik itu ke para peternak maupun rumah penduduk yang menjadi pedagang hewan secara musiman menjelang hari raya Idul Adha tahun ini.

Dirinya menyebut, kegiatan pengecekan maupun patroli disamping untuk mendapatkan data yang akurat di lapangkan juga bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif ditengah masyarakat terlebih saat ini menjelang hari raya qurban.

“Masyarakat tidak perlu panik, apabila menemukan kasus PMK dilingkunganya bisa melaporkan ke Polsek, Bhabinkamtibmas maupun Dinas terkait sehingga bisa segera ditangani secara tepat dan cepat,” jelas Kapolsek Baros.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Wahyu juga meminta kepada seluruh pihak agar selalu berkoordinasi dan menjaga kebersihan sehingga kasus PMK tidak menyebar di wilayah Kecamatan Baros.(Polsek Baros)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!