Anugrah Budaya dan martabat Sebuah Daerah, Dalam diskusi Beranda DKI

Indramayu,-GemilangNews.com- Dewan Kesenian Indramayu Melalui Komite sastra dan filsafat, mengadakan kegiatan diskusi Beranda DKI satu (1) dengan tema Anugerah Budaya dan Martabat sebuah daerah, Bertempat beranda Dewan Kesenian Indramayu DKI Jl. Veteran No.3, Lemahabang, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Juga menghadirkan narasumber Ucha M Sarna Dari lembaga kebudayaan Indramayu, serta Hadi Santosa Farhan Selaku pemerhati seni dan budaya Indramayu, Dimoderatori oleh Andri Wikono.

Selain itu kegiatan juga Dihadiri dinas pendidikan dan kebudayaan Indramayu yang diwakilkan oleh Kadib kebudayaan, seniman, komunitas, mahasiswa, masyarakat umum, Lembaga Bahasa dan Sastra Dermayu (LBSD), Lembaga Kebudayaan Indramayu (LKI).

Diskusi tersebut dibuka Andri Wikono selaku moderator dengan prolog Bahwa tema diskusi kali ini mempunyai dua (2) kata kunci yaitu “Kebudayaan dan Martabat”.

Apa kaitannya antara Anugerah kebudayaan dengan martabat sebuah daerah prolog ini kemudian diperluas dan diperdalam oleh kedua narasumber.
Narasumber yang pertama yaitu Ucha M Sarna mengatakan “sebuah anugerah kebudayaan mesti memiliki parameter tertentu sehingga anugerah kebudayaan dapat terarah, atau tepat sasaran”.
Ucha jg mengatakan bahwa semakin banyak anugerah maka akan semakin dapat mengangkat martabat sebuah daerah” Paparnya

Adapun narasumber kedua yaitu Hadi Santosa Farhan mengatakan bahwa “sebuah event kebudayaan atau kesenian tidak seperti angin lalu, diperlukan indikator keberhasilan dari sebuah event, apakah event tersebut benar benar berpengaruh baik secara ekonomi, sosial, kebudayaan, Jangan sampai kita tidak punya tolak ukur sehingga sebuah acara dengan anggaran yang besar hanya bersifat seremonial, ini kan sangat di sayangkan” Ungkapnya

Ray Mengku Sutentra selaku Ketua Dewan Kesenian Indramayu mengatakan kepada awak media Gemilangnews.com “Semoga diskusi yang di inisiasi komite sastra dan filsafat ini dapat membuka jendela wawasan bagaimana kita bisa menyikapi sebuah event, dan menghargai sebuah anugrah kebudayaan, semoga saja setiap komite di dewan kesenian ini juga dapat berkontribusi untuk pelaku pelaku seni yang ada di Indramayu” Ray juga menambahkan Terimakasih kepada dinas pendidikan dan kebudayaan Melalui Kabid Kebudayaan, yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan, juga rekan rekan mahasiswa dan tokoh tokoh seniman lainya” Paparnya.

Selepas acara itu, kemudian diakhiri dengan penutup do’a bersama.

Penulis- Bang,ay/Hery

Redaktur- Admij GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!