BPJS KESEHATAN LAKSANAKAN SOSIALISASI PROGRAM JKN DI PUSKESMAS KRUI

Pesisir Barat-Gemilangnews.com-Guna perkuat pemahaman terkait Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi gelar kegiatan Sosialisasi Program JKN kepada seluruh pegawai Puskesmas Krui, Selasa (14/06).

Kepala Tata Usaha Puskesmas Krui, Dian Fitria mewakili kepala puskesmas yang tidak dapat menghadiri kegiatan mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada Peserta JKN di Puskemas Krui.

“Sosialisasi Program JKN ini sangat penting untuk kita simak bersama karena terdapat informasi baru yang harus kita teruskan kepada para Peserta JKN. Kami juga akan terus berupaya meningkatkan kepuasan peserta dengan cara memberikan layanan kesehatan sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar Dian.

Dalam kesempatan ini tak lupa BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi memberikan informasi mengenai kemudahan membayar tunggakan iuran JKN melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) yang dapat dimanfaatkan oleh Peserta JKN agar kepesertaannya dapat aktif kembali.

“Program ini merupakan solusi agar status kepesertaan aktif kembali sehingga bisa mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan, untuk itu kami mohon bantuan dari bapak/ibu untuk turut serta menginformasikan hal ini kepada Peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran,” kata Affan, staf Penagihan BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi.

Program REHAB adalah program yang memberikan keringanan dan kemudahan bagi peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang memiliki tunggakan iuran lebih dari 3 bulan (4-24 bulan) untuk dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap.

Maksimal periode pembayaran bertahap adalah 12 tahapan dan status kepesertaan peserta program pembayaran tunggakan iuran bertahap baru akan aktif ketika seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan telah lunas.

Dalam sesi diskusi Dian mengungkapkan bahwa banyak Peserta JKN yang lupa membawa kartu KIS saat datang ke Puskesmas Krui dan menanyakan solusi mengenai hal tersebut.

“Jika peserta lupa membawa KIS itu tidak masalah karena bisa menggunakan KIS Digital di Aplikasi Mobile JKN. Bahkan saat ini untuk dapat mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, peserta JKN dapat cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” jelas Adit, staf Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi.

Lebih lanjut Adit mengungkapkan bahwa selain upaya peningkatan mutu pelayanan, hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan kemudahan bagi peserta yang hendak mengakses pelayanan kesehatan. Harapannya seluruh Peserta JKN di Pesisir Barat khususnya yang terdaftar di Puskesmas Krui tidak lagi cemas ketika kartu KIS tertinggal atau hilang karena pasti akan tetap mendapatkan layanan kesehatan selama menunjukkan KIS Digital atau KTP. (*)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI