Paguyuban Suporter Timnas Indonesia Menyikapi Meninggalnya Bobotoh

JAKARTA-GemilangNews.Com,- Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) mengucapkan duka cita yg mendalam atas meninggalnya dua bobotoh saat ingin menyaksikan pertandingan Grup C antara Persib vs Persebaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Ketua Umum PSTI, Ignatius Indro menyatakan kejadian ini harus menjadi perhatian khusus bagi seluruh penyelenggara pertandingan sepak bola Indonesia. “Ini harus menjadi catatan khusus bagi penyelenggara ya. Bagaimana agar membuat suporter aman dan nyaman dalam menonton. Apalagi kita belum lepas dari masa pandemi. Jadi kesiapan panitia untuk antisipasi agar tidak terlalu berdesakan ini harus diperhatikan,” kata Indro yang juga Humas UTA’45 ini, Sabtu (18/6).

Indro menegaskan pihaknya juga sudah memperingatkan untuk kesiapan panpel dalam penyelenggaraan pertandingan dengan penonton. “PSTI dari awal saat ada wacana pertandingan akan dihadiri penonton, sudah mengingatkan bagaimana mekanisme penerimaan penonton. Keamanan dan kenyamanan dalam menonton termasuk masalah protokol kesehatannya,” ujarnya.

“ini membuktikan kurang kesiapannya panitia menghadapi membludaknya penonton. Apalagi di pertandingan besar,” ungkap Indro.

Indro juga mempertnyakan mekanisme seperti  apa kalau memang belum full dengan antusiasme suporter yang begitu besar karena akan menimbulkan penumpukan diluar dan akan lebih susah pengaturan dan pengawasannya. “Bisa saja panitia juga menyediakan layar-layar besar di luar untuk penonton yg tidak bisa masuk,” tandasnya.

Indro juga mendesak agar Undang-undang Keolahragaan yang didalamnya juga mengatur tentang suporter segera dibuat aturan-aturan dibawahnya agar ada regulasi penanganan suporter hingga ke akar rumput sehingga kedepannya suporter mendapat keamanan dan kenyamanan dalam menyaksikan pertandingan.

“Kita sudah punya Undang-undang Keolahragaan yang baru disosialisasikan  oleh Kemenpora, disitu ada pasal yang mengatur suporter. Saya harap segera dibuat aturan turunan yang melindungi suporter dengan adanya jaminan keamanan dan kenyamanan dalam menyaksikan pertandingan,” tutupnya. (DD)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!