Jelang Harla MDI ke-44, Pengurus Gelar Edukasi Peningkatan Inklusi Keuangan Bagi Pondok Pesantren

GemilangNews.Com (Jakarta) – Menjelang Hari Lahir Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) pada Minggu 5 Juni 2022 mendatang, Majelis Pimpinan Pusat Majelis Dakwah Islamiyah melakukan edukasi peningkatan inkluisi keuangan bagi pondok pesantren bekerjasama dengan mitra strategis.

Gunawan Hidayat sebagai Sekretaris Jendral MPP MDI menjelaskan agenda pertemuan hari ini adalah kolaborasi antara MDI dengan 21 stakeholder lembaga Negara dan Swasta yang diundang. Menurutnya ini adalah momentum untuk mendorong Ekonomi Umat pasca pandemi.

“Pertemuan hari ini adalah pertemuan stakeholder atau kolaborasi Majelis Dakwah Islamiyah dengan Menko Perekenomoin RI terutama dari sekretariat pembiayan kepada UMKM serta para mitra strategisnya, cukup besar hari ini yang di undang ada 21 BUMN dan swasta Nasional, MDI terlibat dalam pembahasan dan penjadwalan program terutama setelah bulan Juni ini.”ujarnya di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta, Senin (30/05).

“Ini adalah rangkaian HUT atau Harla MDI yang ke-44, momentum untuk mendorong ekonomi para Santri, Da’i dan komunitas Majelis Taklim pasca pandemi. Bank Mini adalah implementasi dari Bank Syariah yang akan memfasilitasi pembukaan Bank Mini di pesantren-pesantren, disini contoh saja nanti dipesantren lain juga akan dibuka, termasuk Pegadaian Syariah.”ungkapnya.

Sebelum hari puncak, Dalam rangkaian acara nantinya kegiatan Bazaar dan dialog pada jum’at dan sabtu. Kegiatan tersebut akan diisi dengan kegiatan edukasi dan literasi tentang Dakwah dan Ekonomi Umat.

“Ada pra kegiatan sebelum tgl 5 juni, hari jum’at dan sabtu, ada bazaar, yang di suport untuk memberikan gambaran edukasi atau literasi keuangan Inklusif pada alumni pesantren khususnya pesantren Darunnajah, dan hari sabtu ada dialog dengan para santri.”ucapnya.

Acara tersebut turut mengundang Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
, Akbar Tanjung, Agung Laksono
, Aburizal Bakrie
, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pemuda & Olah Raga Zainudin Amali, Fahd El Fouz, serta Tokoh Islam. Tokoh Nasional dan Pimpinan Ormas.

“Undangan masih dalam proses konfirmasi, kita mengundang ormas islam Da’i-Da’i Nasional dan Tokoh-tokoh Nasional, serta pimpinan pondok pesantren yang ada di Jakarta Barat.”jelas Sekjen MPP MDI

Dipilihnya Pondok Pesantren Asshiddiqiyah sebagai tempat yang menjadi momen penting pada acara Hari Lahir MDI menurut H.Gunawan selain tempatnya yang berada di Pusat Kota, juga bertujuan agar menumbuhkan ketauladanan pendiri sekaligus pengasuh Pesantren Asshiddiqiyah Almarhum KH. Noer Muhammad Iskandar.

“Al maghfirah Almarhum KH. Noer Muhammad Iskandar, beliau itu salah satu Tokoh yang luar biasa, beliau sangat konsen terhadap Entrepreneur, terutama bagi anak muda kreatif, Pesantren ini ditengah kota, kan jaraknya terdekat, bagaimana pesantren ditengah kota bisa tumbuh, jadi kita juga ingin menumbuhkan ketauladanan beliau kepada MDI serta juga dan lainnya.”tuturnya.

“Dakwah dan Ekonomi umat ini tidak bisa dipisahkan dakwah bil hal dakwah bil lisan, jadi pada saat Da’i Mubalig atau Guru Agama ketika memberi ceramah juga harus mendorong baik para santri atau jamaahnya untuk terlibat dalam ekonomi, jangan sampai nanti hanya ceramah saja, tidak sampai membahas ekonomi umat, selama ini kan tidak pernah disinggung, kedua ini harus menjadi kombinasi, supaya nanti ekonomi umat ini kuat, karena sebenarnya pondasi Indonesia ini didukung oleh usaha super mikro dan usaha kecil Sekitar 70 sampai 80%, 64 juta Penduduk Indonesia itu yang terlibat 64% cukup besar mensuplay Perekonomian Nasioanal.”lanjut Gunawan.

Terakhir dirinya berharap acara hari lahir MDI yang ke-44 sekaligus pelantikan Majelis Pimpiman Pusat Majelis Dakwah Islamiyah (MPP MDI) periode 2022-2027 kelak berjalan lancar dan berlangsung meriah.

“Mohon doanya mudah-mudahan di hari puncaknya nanti akan berlangsung dengan lancar dan meriah, Bapak Menko Perekonomian pak Erlangga bisa hadir dan semua yang kita undang juga hadir, semoga bisa menjadi amal bagi kita semua.”harapnya.

Diwaktu dan tempat yang sama Pembina Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta Ir H.M Bahaudin menyampaikan kegembiraannya atas kegiatan yang akan diselengarakan MPP MDI ditempatnya. Dirinya menilai kegiatan yang bertujuan meningkatkan harkat keumatan merupakan kebanggaan dapat terlibat didalamnya.

“Saya sebenarnya tuan rumah disini,
Kami dari pondok pesantren Assidiqiyah senang sekali akan kedatangan tamu-tamu dari Majelis Dakwah Islamiyah,
dimana setiap kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan harkat keumatan pasti membanggakan kepada kami, sabagai titik awal dari gerakan tersebut.”ujarnya. (Faresi)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!