Desa Kedokanbunder Siap Jadi Desa Terbaik di Kabupaten Indramayu

Indramayu,-GemilangNews.com- Dengan memiliki berbagai potensi unggulan dan inovasi, Desa Kedokanbunder siap menjadi desa terbaik di Kabupaten Indramayu.

Kesiapan tersebut terungkap ketika berlangsung penilai lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu, Kamis kemarin (19/5/2022) di Desa Kedokanbunder.

Camat Kedokanbunder Atang Suwandi menjelaskan, keinginan kuat untuk menjadi desa terbaik merupakan keinginan warga Desa Kedokanbunder. Semangat tersebut diamini oleh dirinya bahwa melahirkan desa-desa juara merupakan harapannya setelah Desa Cangkingan menjadi desa terbaik pada lomba desa tahun sebelumnya.

“Kita ingin desa terbaik berikutnya lahir dari Kecamatan Kedokanbunder. Setelah Desa Cangkingan kita ingin desa lainnya juga menjadi desa juara. Semangat optimis ini harus kita bangun bersama,” tegas Camat Atang.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Lomba Desa tahun 2022 yang juga Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Tati Rahmawati menjelaskan, Lomba Desa tahun 2022 ini untuk mencari desa terbaik yang selanjutnya akan menjadi perwakilan Kabupaten Indramayu pada lomba yang sama tingkat Provinsi Jawa Barat.

Penilaian yang dilakukan kali ini merupakan penilaian administrasi yang meliputi administratif, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Sementara tim penilai berasal dari unsur DPMD, BPBD, Dinas Kesehatan, dan TP PKK.

Kuwu Kedokanbunder Waskim menjelaskan, saat ini Desa Kedokanbunder merupakan desa yang sangat pesat dalam perkembangan ekonominya hal ini tidak terlepas dari status Desa Kedokanbunder sebagai desa perdagangan dan jasa.

Selain itu Desa Kedokanbunder juga ingin mengembangkan Situs Makam Nyi Mas Ratu Ayu Kawunganten sebagai wisata religi. Pasalnya situs tersebut merupakan peninggalan masa lalu dan ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Selain unggulan tersebut, lanjut Waskim, Desa Kedokanbunder juga telah membentuk relawan siaga bencana yang telah terbentuk sejak tahun 2021 lalu. Relawan berbasis masyarakat ini merupakan langkah nyata untuk mitigasi dan penanganan bencana di Desa Kedokanbunder.

“Berikan kami kesempatan untuk menjadi desa terbaik di Kabupaten Indramayu pada tahun 2022 ini,” kata Kuwu Waskim.

Paparan tentang Situs Nyi Mas Ratu Ayu Kawunganten membuat penasaran Ketua Tim, akhirnya pada kesempatan itu meminta untuk melihat secara langsung dan melakukan ziarah di tempat tersebut.

Penulis- Bang,ay/Hery

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!