KUWU DESA DUKUH INDRAMAYU SIAP KEMBANGKAN BUMDES BAGI PELAKU USAHA MIKRO MILIK WARGANYA

Indramayu,-GemilangNews.com- Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan PP 11 Tahun 2021 .

Regulasi tersebut adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11 Tahun 2021) tentang Badan Usaha Milik Desa yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Februari 2021.

Dari penyelusuran awak media GemilangNews.com didapat pada salah satu desa yakni: Desa dukuh yang terletak di kecamatan indramayu kabupaten indramayu Provinsi jawa-barat mayoritas warga nya adalah pelaku usaha mikro di bidang tahu krispi, tahu pedas dan juga kerupuk .

Menyambangi di kantor pemerintah desa, H. Yanto selaku kuwu di ruangannya saat di minta wawancara mengatakan ” desa dukuh memang desa yang pesat dengan kemajuan perekonomiannya setelah ada nya pabrik yang semula milik pak sukiman lalu mayoritas warga nya beralih jadi pelaku usaha mikro yang dulunya mayoritas sebagai pengemudi taksi di ibu kota jakarta,” ucapnya kuwu.

Lanjut penjelasan H. Yanto ” pemdes dukuh akan mencoba musyawarahkan warganya terutama bagi pemilik pabrik -pabrik tahu dan pelaku pelaku usaha mikro yang berada di desa dukuh , dan akan membuka lapangan kerja bagi warganya dengan membuat pabrik kerupuk yang akan jadi target salah satu program bumdes yang akan di kembangkan serta akan menjalankan koperasi di desa dukuh hingga bisa menghilangkan pinjaman bayar harian yang memberatkan warganya,”pungkas nya H.yanto

Di tempat yang berbeda suroto selaku pemilik pabrik tahu saat di datangi awak media GemilangNews.com di kediamannya mengomentari terkait program pemdes desa dukuh mengatakan ” hal ini sangat di tunggu -tunggu olehnya ada dongkrakan yang semacam ini dari kuwu ,apalagi bila di padukan dengan persoalan minyak goreng curah menjadi lebih murah dari pengecer dan lain lain . Kalau terwujud saya dan para pengelola pabrik lainnya akan sangat mendukung dengan program bumdes desa dukuh dan sangat mengapresiasikan kinerja bapak kuwu H yanto,”Tutup suroto dengan terlihat wajah senang.

Penulis- Didi saputra

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More on to that Topic: gemilangnews.com/2022/04/11/kuwu-desa-dukuh-indramayu-siap-kembangkan-bumdes-bagi-pelaku-usaha-mikro-milik-warganya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: gemilangnews.com/2022/04/11/kuwu-desa-dukuh-indramayu-siap-kembangkan-bumdes-bagi-pelaku-usaha-mikro-milik-warganya/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!