Balai Keramat Sumur Tambi Gede, Gelar Budaya Baritan

Indramayu,-GemilangNews.com- Sebuah kekayaan seni tradisi dan kearifan budaya lokal di kabupaten indramayu Jawa barat yang sampaibsaat ini masih di lastarikan, sekalipun revolusi industri 4.0 bergerak dan berkembang pesat.

Selain itu budaya seni mulai menggeser nilai nilai adat yang yang berada di masyarakat, dengan berpindahnya sebuah kebiasaan lama menjadi kebiasaan di mana anak anak sudah mulai nermain gadget secara masif. Tetapi tidak untuk masyarakat desa Tambi kecamatan Sliyeg, sebuah desa yang matoritas penduduknya adalah penggiat penggiat penggiat seni, oleh karenaya sebuah tradisi peninggalan leluhur tetep terlestarikan di desa ini.

Salah satu kegiatan sakral yang di laksanakan secara rutin di desa tambi dari beberapa kegiatan rutin lainya salah satunya adalah Baritan, sebuah kegiatan sakral yang di lakukan secara rutin setiap tahun sebelum menginjak bulan romadhon, dimana seluruh masyarakat memberikan tumpeng (Sebuah nasi berbentuk kerucut di sertai beraneka macam lauk pauk) di kumpulkan di Balai Kramat Sumur tambi gede, yang nantinya akan di adakan do’a bersama di sertai kidung dengan bahasa jawa kuno.

Kuncen Bale kramat sumur tambi Darmo ketika di temui awak media GemilangNews.com mengatakan “Kegiatan yang sudah dilaksanakan secara turun temurun dan masih dilaksnakan ini bertujuan demi keselamatan masyarakat desa tambi, selain sebagai ajang silaturahmi, dengan acara tawasulan bersama dan diahkiri makan bersama akan menciptakan suasana kekeluargaan yang sangat kuat, dan sudah terbukti sampai saat ini masyarakat desa tambi selalu kompak dalam segala hal, termasuk berkomitment menjaga seni seni tradisi leluhur untuk tetap di lestarikan,”Tuturnya Kepada awak media GemilangNews.com Jum’at 25/3/2022.

Selain acara puncaknya adalah tawasulan bersama, acara juga di isi oleh pertunjukan kesenian tradisonal, seperti Berokan sebuah kesenian kono di indramayu di hadirkan oleh kolaborasi kelompok seni Geloramuda & Sapujogan, sebagai salah satu penguat dan mengenalkan ke anak anak yang antusias terhadap kesenian dan budaya.

Niko salah satu pemain berokan dari sanggar Sapujogan mengatakan “Kami sebagai pelestari kesenian, sangat senang ketika ada kesempatan seperti ini untuk lebih mengenalkan seni seni tradisi kepada anak anak supaya jangan sampai melupakan, kesenian dan kegiatan budaya adalah bagian dari sejarah terbentuknya negeri ini” Papar niko penuh semangat.

Penulis-Bang,ay/Hery
Redaktur-Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: gemilangnews.com/2022/03/25/balai-keramat-sumur-tambi-gede-gelar-budaya-baritan/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: gemilangnews.com/2022/03/25/balai-keramat-sumur-tambi-gede-gelar-budaya-baritan/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!