Pemkab Indramayu Bakal Kelola Obyek Wisata Pantai Tirtamaya

INDRAMAYU-GemilangNews.com,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu berencana akan mengelola langsung keberadaan obyek wisata andalan masyarakat Kota Mangga yakni Pantai Tirtamaya yang berlokasi di Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Privinsi jawa barat.

Kepastian ini diperoleh ketika Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar bersama Kepala Perangkat Daerah terkait dan unsur aparat kecamatan hingga pemerintah desa setempat berkunjung ke Pantai Tirtamaya yang saat ini tutup setelah ditinggal pihak pengelola sebelumnya yang sudah habis masa kontraknya, Jum’at (14/1/2022).

Sambil menyantap segarnya air kelapa muda dipinggir pantai, Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk mengelola langsung wisata Pantai Tirtamaya dengan melibatkan masyarakat setempat yang dimotori dinas terkait dan aparat kecamatan hingga pemerintah desa. Demi terciptanya tempat wisata yang menarik perlu dilakukan upaya penataan ulang Pantai Tirtamaya.

“Jika memang nanti dikelola oleh Pemda maka upaya penataan ulang obyek wisata didalamnya perlu dilakukan mulai pedagangnya, tempat parkir, nominal tiket masuk, hingga fasilitas pendukung lainnya agar terlihat baik dan nyaman untuk pengunjung,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparra) Indramayu Tri Nani memaparkan, kedatangan Ibu Bupati ini dalam rangka ingin mengetahui persis persoalan Pantai Tirtamaya.

“Ibu Bupati ingin tahu persis bagaimana yang terjadi di Pantai Tirtamaya ini karena memang sebelumnya ada kekeliruan yang pada akhirnya Pantai Tirtamaya ini tidak dilelangkan atau di pihak ke-tigakan tetapi dikelola langsung oleh Pemkab Indramayu,” paparnya.

Untuk menghasilkan keputusan yang lebih pasti pihaknya dalam waktu seminggu ini akan melakukan konsolidasi baik dari pedagang, aparat kecamatan hingga unsur pemerintah desa. Mengingat, pengelolaan Pantai Tirtamaya kedepan akan melibatkan masyarakat setempat.

“Untuk itu beliau memberikan kami waktu seminggu bagaimana sistem pengelolaannya karena pajak dan retribusi harus masuk, sehingga masing-masing pengelola memiliki tanggungjawab sendiri dan berbeda dengan pada saat dikelola oleh orang pribadi,”tambahnya.

Disamping itu, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan terlibat sekaligus berkontribusi untuk pengelolaan Pantai Tirtamaya serta menjadi peluang untuk berusaha memasarkan produk olahan asli dari masing-masing desa.

“Insyallah beliau menyambut baik bahwa kedepan Pantai Tirtamaya akan lebih bagus lagi dengan melakukan penataan-penataan ulang dan pedagang mulai berdagang kembali termasuk BUMDes ikut terlibat dan menjadi peluang untuk mereka untuk berusaha,” pungkasnya.

Reporter : Didi Saputra

Editor : Admin Red GN

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: gemilangnews.com/2022/01/14/pemkab-indramayu-bakal-kelola-obyek-wisata-pantai-tirtamaya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2022/01/14/pemkab-indramayu-bakal-kelola-obyek-wisata-pantai-tirtamaya/ […]

  3. … [Trackback]

    […] There you will find 65907 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2022/01/14/pemkab-indramayu-bakal-kelola-obyek-wisata-pantai-tirtamaya/ […]

  4. … [Trackback]

    […] There you will find 85900 more Info on that Topic: gemilangnews.com/2022/01/14/pemkab-indramayu-bakal-kelola-obyek-wisata-pantai-tirtamaya/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!