Peringati Hati Ibu, LSPM Lampung Gelar Lomba Petik Gitar Klasik

Lampung Utara-Gemilangnews.com- Memperingati Hari Ibu yang ke-93 tahun 2021, Lembaga Swadaya Perempuan Mandiri (LSPM) Provinsi Lampung menggelar perlombaan pentas seni Petikan Gitar Klasik dan Lagu Lampung.

Lomba pentas seni ini di ikuti oleh siswa siswi dari tingkat SD, SMP hingga SMA se-Provinsi Lampung. Kegiatan perlombaan di laksanakan di Aula Kodim 0412 Lampung Utara pada, Rabu (22/12/2021) dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Kepada sejumlah awak media, Zainurah selaku Ketua Umum LSPM mengatakan, kegiatan tersebut, sengaja di laksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Ibu yang ke-93 tahun 2021, dengan mengusung tema Dengan Semangat Hari Ibu Kita Tingkatkan Peran Perempuan Membentuk Generasi Muda Dalam Mencintai Seni Budaya Lampung.

“Mudah-mudahan, dengan mencintai, dan mengangkat Seni Budaya Lampung, salah satunya dalam bidang Petikan Gitar Klasik dan Lagu Lampung ini, Provinsi Lampung dapat lebih di kenal, bukan hanya di Indonesia saja, melainkan sampai di kancah Internasional, melalui bakat dari para bibit-bibit baru ini, yaitu para siswa SD, SMP, dan SMA se-Provinsi Lampung” ujar Zainurah.

Masih kata Zainurah, para peserta yang masuk kebabak final tersebut yaitu sebanyak 42 peserta, yang berasal dari berbagai Kabupaten di Provinsi Lampung. Dalam perlombaan tersebuat ada 6 kategori, yang terbagi di setiap tingkatan, baik siswa SD, SMP, dan SMA, yaitu kategori Umum, Petikan Gitar Klasik dan Lagu Lampung.

Untuk sistem yang diterapkan dalam penjurian tersebut yaitu, secara umum seluruh peserta finalis akan di lakukan penilaian dari segi Perfromnya di panggung. Untuk lagu Lampung, akan nilai dari segi kualitas Vokal, dan cengkok nadanya. Sedangkan untuk Petikan Gitar Klasik Lampung sistem penilaian akan di fokuskan pada petikan gitarnya.

“Secara umum, sistem penilaian yang diterapkan oleh dewan juri yaitu dari segi penampilan finalis di atas panggung. Untuk Lagu Lampung akan di nilai dari kualitas vocal dan permainan cengkok. Sedangkan Petikan Gitar Klasik, akan di nilai dari segi pengambilan petikan, baik dari petikan gitar Hawaian, Krisain, atau Valge. Dan penetapan pemenang dalam perlombaan tersebut, sudah menjadi keputusan mutlak dari para dewan juri” tegasnya.

Saat disinggung mengenai harapannya, Zainurah mengatakan, di setiap peringatan Hari Ibu, LSPM berharap agar event-event semacam ini dapat menjadi suatu kewajiban dan bahan repleksi bersama.

“Mudah-mudahan dengan di adakannya Pentas Seni Budaya, para siswa siswi baik SD, SMP, dan SMA se-Provinsi Lampung ini dapat lebih mengembangkan bakat dan mengasah mental di panggung. Selain itu saya juga berharap, di tangan siswa-siswi berbakat ini dapat lebih melelestarikan Seni Budaya Lampung sampai di kancah Internasional” pungkasnya.

Saat di konfirmasi awak media di lokasi, Nazwa Syakila dan Ruly Arlianda, yang merupakan siswa-siswi SMA Negeri 4 Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), yang berhasil meraih juara 1, dengan kategori Petikan Gitar Klasik Lampung tersebut mengatakan bahwa, Ia bersama rekan-rekan seperjuangannya mengucapkan Terimakasih yang tak terhingga kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Kotabumi, Bapak Haidir Yusuf, dan para dewan guru pendamping Ibu Indah, Ibu Misnawati, dan Ibu Anila, serta kepada Ibu Zainurah, selaku Ketua Umum LSPM, dan tidak lupa ucapan terimakasih yang tidak terhingga kepada Komandan Kodim 0412/LU Letkol Inf. Hadi Prabowo, yang telah bersedia memberikan tempat untuk para peserta dalam menunjukkan bakat-bakanya.

“Alhamdulillah saya bersama Ruly Arlianda berhasil meraih juara 1, dengan kategori Petikan Gitar Klasik Lampung. Selain itu rekan saya, Amelia Putri Raissyah juga berhasil meraih juara 2 dalam kategori Lagu Pop Lampung. Mudah-mudahan kedepan, kami bertiga kembali dapat mengharumkan nama Kabupaten Lampura, khususnya SMA Negeri 4 Kotabumi, di setiap Event yang mungkin akan di adakan di kemudian hari” ujar Nazwa Syakila yang diamini oleh Ruly Arlianda, Amelia Putri Raissyah, dan tiga guru pendampingnya.

Kepada awak media, Indah salah satu perwakilan guru pendamping SMA Negeri 4 Kotabumi mengaku bangga, kepada para anak didiknya yang merupakan siswa-siswi berprestasi di SMA Negeri 4 Kotabumi tempat ia mengajar tersebut. Untuk diketahui Nazwa Syakila dan Ruly Arlianda merupakan siswa-siswi kelas X (10) yang masuk melalui jalur prestasi. Sedangkan Amelia Putri Raissyah merupakan siswi kelas XII (12) SMA Negeri 4 Kotabumi.

“SMA Negeri 4 Kotabumi, mengutus 3 siswa-siswi berprestasi dalam perhelatan Event ini. Setelah melakukan pendaftaran online secara gratis, dan berlatih selama sepekan, Alhamdulillah, siswa-siswi SMA Negeri 4 Kotabumi, sukses meraih hasil yang memuaskan. Untuk Nazwa Syakila dan Ruly Arlianda berhasil meraih juara 1 dalam kategori Petikan Gitar Klasik Lampung. Dan Amelia Putri Raissyah, berhasil meraih juara 2 dalam kategori Lagu Pop Lampung,” pungkasnya. (*)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Here you can find 65161 additional Information on that Topic: gemilangnews.com/2021/12/22/peringati-hati-ibu-lspm-lampung-gelar-lomba-petik-gitar-klasik/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: gemilangnews.com/2021/12/22/peringati-hati-ibu-lspm-lampung-gelar-lomba-petik-gitar-klasik/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!