Di Hari Disabilitas Internasional, Polres Purwakarta Berikan SIM D Gratis

PURWAKARTA-GemilangNews.Com | Peduli disabilitas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purwakarta menyerahkan SIM D dan sembako kepada sejumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kasat Lantas, AKP Eryda Kusumah mengatakan, pemberian SIM D dan paket sembako ini dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional.

“Langkah ini kami laksanakan sebagai langkah wujud pelaksanaan atensi Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda serta Bapak Kapolres Purwakarta untuk pelayanan Polri menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (Presisi),” ucap Eryda, pada Jumat, 3 Desember 2021.

Ia menambahkan, ini juga merupakan komitmen Satlantas Polres Purwakarta dalam memberikan hak yang sama bagi warga negara untuk berkendara, termasuk teman-teman disabilitas ini.

“Ini juga salah satu upaya kita untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang ada di Kabupaten Purwakarta, sekaligus memberikan pelayanan untuk seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Karena hak mengemudikan kendaraan bermotor merupakan hak semua orang, termasuk teman-teman disabilitas ini,” ucap mantan Kasat Lantas Polres Sumedang itu

Dijelaskannya, kepemilikan SIM sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Teman-teman yang disabilitas bisa mengurus atau memohon SIM D.

Secara tahapan, Eryda menjelaskan proses ujian SIM D tetap sama seperti masyarakat pada umumnya. Hanya saja untuk ujian praktik, para peserta menggunakan motor yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan.

“Kendaraannya memang menyesuaikan. Mereka juga punya kendaraan sendiri yang sudah dimodifikasi,” ucapnya.

Eryda menjelaskan, kedepannya program seperti ini akan diadakan lagi sebagai bentuk pelayanan khusus disabilitas.

“Kami berharap pemberian SIM D ini dapat memberikan semangat para difabel maupun masyarakat umum untuk tertib dalam berlalu lintas serta melengkapi surat-surat yang diwajibkan,” pesan AKP Eryda Kusumah.

Sementara, salah satu penerima SIM D gratis, Valentinus Romi Wahyudi (41) mengapresiasi program Satlantas Polres Purwakarta dalam memberikan kemudahan pemohon SIM D.

“Kami merasa terbantu dengan layanan yang diberikan Satlantas Polres Purwakarta. Harapan kami semoga bisa berkelanjutan,” ucap warga Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, yang akrab disapa Romi itu.

Romi menjelaskan, ini juga sebagai dukungan bagi disabilitas agar tidak kendur dalam beraktivitas setiap hari.

“Dengan begini kami bisa memiliki SIM D agar tertib berlalu lintas. Saya dan teman-teman mengucapkan terima kasih atas pemberian SIM D dari Satlantas Polres Purwakarta ini,” ucap Romi.

Sumber : Subbag Humas Polres Purwakarta

Editor : Admin Red GN